5 Jenis Jajanan Anak Yang Sehat Dan Mudah Dibuat Untuk Bekal Sekolah

Para bunda sering merasa khawatir anaknya jajan sembarangan? Di zaman sekarang, aneka jenis makanan banyak dijual secara bebas, terlebih di sekolah. Kita sering tidak mengetahui secara pasti, apakah makanan yang dijual benar-benar sehat, higienis dan tidak menggunakan bahan berbahaya. Terlebih bagi anak-anak yang masih polos, mereka sering tidak terkontrol saat membeli jajanan. Nah, daripada bunda sering merasa khawatir akan keselamatan dan kesehatan anak, akan lebih baik jika membuatkan bekal khusus berupa jajanan anak yang sehat lagi nikmat. Berikut ini akan saya bagikan 5 resep jajanan yang bisa anda buat dirumah.

Jajanan Anak Yang Sehat

1. Nugget Sayur

Makanan olahan nugget yang banyak dijual dipasaran biasanya berbahan dasar daging seperti daging ayam atau sapi. Nah, kali ini bunda bisa mencoba untuk berkreasi dengan membuat nugget sayur. Menu jajanan ini sangat cocok bagi anak-anak yang doyan dengan cemilan rasa asin. Bahan-bahan yang diperlukan adalah tahu mentah bebas formalin sekitar 5-7 potong (sesuai kebutuhan), bawang Bombay & putih, wortel segar, telur ayam, tepung roti, kaldu penyedap rasa, garam serta gula secukupnya. Potong atau iris bahan sayuran dan juga bawang, haluskan tahu kemudian tambahkan dengan irisan sayur, bawang dan juga masukkan bumbu secukupnya sesuai selera anda. Bentuk adonan menyerupai nugget atau jika bunda memiliki cetakan khusus makanan, bisa menggunakan cetakan tersebut, anak-anak akan lebih tertarik untuk menyantapnya nanti. Terakhir, celupkan nugget pada telur kocok yang sudah dicampurkan dengan tepung roti, lalu goreng hingga nugget matang.

2. Dadar Gulung Telur Isi

Untuk bekal si kecil lainnya yang praktis dan tentu saja sehat adalah dadar gulung telur isi. Jika biasanya kita mengenal kue dadar gulung dengan isi yang manis, maka kali ini bunda dapat mengganti isinya dengan aneka sayur. Untuk kulit luar dadar gulung, gunakan adonan telur dan tepung. Sedangkan isinya, bisa berupa osengan mie bihun yang dicampur dengan aneka sayur seperti wortel, daun sop, kacang panjang/buncis, irisan daging, kol dan lainnya.

3. Pisang Keju Coklat

Bosan dengan jajanan yang asin? Pisang keju coklat bisa jadi bekal jajanan anak yang nikmat. Cara membuatnya sangat praktis dan tentu saja tidak perlu waktu lama, asalkan bahan-bahan seperti pisang, tepung, keju dan susu coklat kental manis sudah tersedia. Tinggal potong kecil pisang lalu celupkan pada adonan tepung dan goreng hingga matang. Terakhir, tambahkan susu coklat kental manis dan parutan keju. Agar mudah saat anak hendak menyantapnya nanti, tempatkan pisang keju coklat yang sudah matang pada tempat bekal anak.

4. Martabak Mini

Di rumah bunda ada cetakan martabak mini? Wah kebetulan sekali, bunda bisa memanfaatkannya untuk membuat jajanan anak yang sehat berupa martabak mini. Ukurannya yang kecil sangat pas untuk porsi anak-anak. Pertama-tama buatlah adonan martabak terlebih dahulu, kemudian masak menggunakan cetakan yang tersedia. Untuk topingnya, bisa dikreasikan sesuai kesukaan anak seperti menggunakan coklat meses aneka warna, selai stroberry, parutan keju atau taburan kacang.

 

5. Es Jelly Buah

Untuk musim panas, jajanan es jelly buah akan sangat digemari anak-anak, apalagi jika dibuat dengan aneka rasa buah yang bervariasi. Bunda bisa membeli bahan dasar jelly yang sudah ada rasanya, kemudian tinggal mengolahnya lalu masukkan ke dalam cetakan dan kulkas. Tunggu hingga jelly buah benar-benar dingin. Bunda juga bisa menambahkan potongan buah seperti stroberry, kiwi, mangga dan lainnya.

Semoga 5 resep jajanan anak yang sehat diatas bisa menjadi sumber ide bagi para bunda yang sedang mencari jajanan sehat untuk anak. Selamat mencoba!

No comments.

Leave a Reply