5 Kelebihan Motor Listrik Dibandingkan Motor Bensin

Sejak santernya isu lingkungan merebak seperti masalah polusi udara, ditambah lagi dengan masalah kenaikan BBM, membuat keberadaan motor listrik seperti angin segar bagi pengguna kendaraan roda dua. Pasalnya, motor listrik memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan motor yang biasa dipakai saat ini yaitu motor berbahan bakar bensin. Sebagian pihak sudah ada yang mencoba mengembangkan alat transportasi yang satu ini, meski terkadang menghadapi berbagai kendala, namun di tahun 2018 ini terdengar bahwa ada salah satu motor listrik yang sudah diluncurkan. Untuk masalah harga sendiri, harga jual motor listrik tidak jauh berbeda dengan motor bensinkonvensional.

Motor Listrik

Tertarik punya motor listrik? Apa saja kelebihan yang bisa didapatkan dengan menggunakan motor listrik?

1.       Tidak Perlu Galau BBM Naik

Kenaikan harga BBM saat ini memang tidak bisa diprediksi sehingga tidak jarang, ketika terjadi kenaikan BBM, banyak orang yang merasa khawatir dan galau mengenai masalah harga. Meski kenaikannya hanya beberapa ratus rupiah, tapi tetap saja terasa memberatkan. Nah, kalo sudah punya motor listrik sendiri, tentu tidak perlu khawatir apalagi galau saat BBM naik, kan tidak perlu bensin untuk bisa jalan. Ya, motor listrik menggunakan tenaga baterai yang bisa diisi ulang setiap kali habis menggunakan charger yang dihubungkan ke sumber listrik.

2.       Mudah Perawatannya

Dalam hal perawatan, motor listrik juga sangat mudah dan tidak perlu sering dilakukan service. Berbeda dengan motor bensin yang banyak menggunakan komponen sehingga perlu perawatan khusus agar tetap nyaman digunakan seperti misalnya ganti oli yang dilakukan secara berkala. Sedangkan motor listrik tidak, paling pengguna diharuskan untuk memperhatikan minyak rem dan pergantian timing belt dimana hal ini juga tidak harus sering dilakukan. Sangat mudah dan tidak repot bukan? Cocok untuk pengguna motor yang simple dan sibuk.

3.       Penuh Tenaga

Bicara soal tenaga, motor listrik tidak main-main, powernya dapat dirasakan sejak pertama kali handel gas diputar. Sangat nyaman dipakai untuk berkendara, baik pada jarak dekat ataupun jauh. Untuk perjalanan jauh, pastikan untuk mengisi baterai motor secara full terlebih dahulu sebelum motor listrik dibawa.

4.       Anti Bising

Salah satu kelebihan lainnya yang dimiliki motor listrik adalah suaranya yang halus dan tidak bising. Dengan menggunakan motor listrik, kita turut mengurangi terjadinya polusi suara. Tidak ada suara mesin yang mengaung layaknya motor bensin, hanya suara dari rantai atau ban yang biasanya nyaris tidak terdengar saat motor dijalankan.

5.       Tidak Ada Asap

Residu dari system pembakaran bensin pada motor konvensional biasanya berupa asap yang keluar melalui knalpot kendaraan, asap ini mengandung zat-zat kimia berbahaya yang menjadi penyebab terjadinya polusi udara. Namun, pada motor listrik, tidak ada asap atau zat apapun yang dikeluarkan sehingga sangat ramah lingkungan.

No comments.

Leave a Reply