5 Tips dan Tahapan Mendesain Interior Rumah

Rumah Minimalis UrbanIndo

Ibarat garam, desain interior merupakan elemen yang membuat rumah minimalis lebih sedap untuk dipandang. Itulah alasan mengapa penataan desain interior tidak bisa dipisahkan dari proses finishing pembangunan sebuah rumah. Agar penampilan rumah semakin apik, jangan sembarangan dalam melakukan proses tersebut. Ketahui langka-langkahnya seperti berikut ini.

Tentukan Tema
Hal pertama yang dapat dilakukan sebelum mendesain interior rumah adalah menentukan tema dari tiap-tiap ruangan. Tema sendiri dapat dijadikan acuan untuk menentukan warna cat serta perabot yang cocok dan selaras dengan fungsi serta peruntukan tiap ruangan.

Misalnya pada ruang tamu, tema yang akan diusung adalah sesuatu yang bersih dan terang, maka warna cat yang dibutuhkan adalah putih, kuning muda, atau gading sementara warna perabotannya pun menyesuaikan. Membuat tema yang berbeda namun tetap memiliki benang merah di tiap ruangan bisa dilakukan untuk memberikan kesan yang dinamis.

Buat Denah Penempatan
Setelah menentukan tema dan mengetahui warna dan desain perabot yang dibutuhkan, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat gambar denah penempatan furnitur. Terlebih dulu, ukur luas ruangan dan tingginya sehingga ukuran furnitur dapat disesuaikan. Cara mudahnya adalah dengan menggambarnya di atas kertas menggunakan pensil dan penggaris. Jika ingin lebih detail, gunakan berbagai macam aplikasi desain interior yang gratis di internet.

Aplikasikan Secara Nyata
Jika dua tahap persiapan di atas telah dilakukan, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikannya secara nyata mulai dari pemulasan cat hingga menempatkan perabotan yang telah digambarkan di denah. Kadang rancangan bisa melenceng dari bayangan yang telah dibuat sebelumnya. Maka itu andalkan intiusi agar kedua elemen tersebut dapat tampil serasi dan juga menarik untuk dipandang.

Tambahkan Dekorasi
Elemen-elemen dekorasi juga memiliki andil yang sangat penting untuk memberikan nuansa berbeda pada interior rumah. Tambahkan dekorasi seperti karpet yang senada dengan konsep ruangan, lukisan, foto keluarga, pajangan dinding, hingga ukiran. Sebelum memilih dekorasi, lihat dulu kebutuhan dari ruangan tersebut. Jika sudah terlalu ramai dengan warna dan aksen perabot, gunakan dekorasi minimalis namun dapat menambah keunikan dari ruangan tersebut.

Pencahayaan
Keindahan desain interior yang telah dirancang sedemikian rupa bisa tampak tak maksimal jika tidak didukung pencahyaan yang bagus. Maka itu maksimalkan pancaran sinar matahari dan gunakan teknik pencahayaan layering menggunakan jenis lampu yang berbeda-beda untuk membuat penataan interior tampak lebih tegas.

No comments.

Leave a Reply