5 Tips Memilih Bus Pariwisata Agar Perjalanan Aman dan Selamat

Liburan merupakan salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu. Selain dapat menyegarkan fikiran, liburan ke tempat wisata menarik juga akan menambah pengalaman dan juga pengetahuan bagi para pengunjungnya. Berwisata bisa dilakukan sendiri, bersama keluarga, atau rombongan. Jika Anda berencana melakukan wisata rombongan ke Jakarta, maka menggunakan bus pariwisata Jakarta menjadi pilihan yang tepat.

Sembodo Renctcar

Tips Memilih Bus Pariwisata

Menggunakan bus pariwisata sebagai alat transportasi dirasa sangat menguntungkan. Selain dapat menampung banyak orang sekaligus, biaya yang dikeluarkan juga jauh lebih murah bila dibandingkan dengan menggunakan mobil. Namun agar bis yang disewa dapat menjamin keamanan dan keselamatan selama perjalanan, berikut adalah beberapa tips yang harus dilakukan.

  1. Pilih Bus yang Masih Tergolong Baru

Untuk menjamin keamanan dan keselamatan selama perjalanan, maka mengetahui usia bus adalah salah satu faktor yang sangat penting. Bus yang tergolong baru tentunya memiliki kinerja dan performa mesin yang masih sangat handal dibandingkan dengan bus tua.

Oleh karena itu, ketika akan menyewa bus, jangan sampai Anda tergiur dengan harga murah namun menawarkan bus yang sudah tua dan jaminan mesinnya tidak diketahui. Memilih bus pariwisata Jakarta yang tidak tepat tentunya akan mengorbankan keselamatan para penumpang nantinya.

  1. Pilih Bus yang Menyediakan Fasilitas Wisata

Agar perjalanan menjadi semakin nyaman dan aman, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk memilih bus yang telah menghadirkan fasilitas wisata di dalamnya. Fasilitas yang ada di dalam bus ini dapat dilihat dari segi hiburan dan juga keamanannya.

Bus pariwisata biasa menghadirkan fasilitas hiburan seperti karaoke dan juga LCD. Selain itu, perlengkapan keamanan juga menjadi salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan. Bus yang berkualitas akan menyediakan fasilitas keamanan yang lengkap berupa alat pemadam ringan, pemecah kaca, serta pintu darurat.

  1. Perhatikan Kondisi Bus

Sebelum memilih bus untuk pariwisata, Anda juga perlu melakukan pengecekan terhadap kondisi fisik bus, mulai dari ada tidaknya sen, lampu depan, dan juga kaca depan. Pastikan juga agar semua fungsi bus tersebut dapat berjalan dengan baik.

Selain itu, Anda juga bisa memperhatikan bagaimana kondisi keseluruhan bis, apakah mulus atau terdapat keropos di beberapa bagian. Spedometer, sabuk pengaman, dan juga rem harus dipastikan agar selalu berfungsi dengan baik.

  1. Perhatikan Kondisi Pengemudi

Pengemudi merupakan titik penting yang akan menjadi acuan para calon penyewa ketika akan menyewa bus pariwisata Jakarta. Faktor terbanyak kecelakaan pada bus biasanya disebabkan oleh kelalaian pengemudi. Bisa karena tindak mereka yang ugal-ugalan selama mengemudi ataupun kondisi fisik pengemudi yang sangat lelah.

Oleh karena itu sebelum menyetujui penyewaan bus, Anda dapat menanyakan kepada pihak agen mengenai kondisi sopir bus yang akan menemani perjalanan. Pastikan perawakanya sehat dan tidak tampak tanda-tanda kelalahan. Jika perjalanan wisata jauh, pastikan juga untuk menanyakan mengenai ada tidaknya supir cadangan.

  1. Layanan Perjalanan Wisata ke Luar Kota

Agar perjalanan menjadi semakin menyenangkan, Anda juga bisa memilih jenis bus pariwisata Jakarta yang menyediakan paket wisata hingga ke luar kota. Dengan begitu, jika terjadi perpindahan lokasi wisata, Anda tidak perlu lagi mencari bus pengganti lagi karena bus pariwisata pilihan telah menyediakan fasilitas perjalanan hingga ke luar kota.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih bus pariwisata Jakarta yang berkualitas agar keamanan dan juga keselamatan dapat terjamin. Untuk mencari sewa bus pariwisata, Anda dapat mengunjungi Sembodo RENTCAR. Menghadirkan berbagai jenis variasi bus yang berkualitas dan juga didukung dengan tenaga supir yang berpengalaman dijamin akan memberikan pengalaman wisata yang aman dan menyenangkan bagi Anda beserta rombongan.

No comments.

Leave a Reply