6 Langkah Membeli Genset Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Listrik

Ketika hendak membeli sesuatu, pasti ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan, begitu pula saat hendak membeli genset. Anda mungkin saat ini tengah berencana ingin membeli genset untuk dipakai di rumah, toko, kantor atau lainnya. Selain faktor harga, ada beberapa hal lainnya yang juga harus dipertimbangkan ketika hendak membeli genset. Mau beli genset murah  atau mahal, sebaiknya tetap perhatikan hal penting ini.

Harga Genset Murah

 

1.       Pertimbangkan Kebutuhan Listrik

Membeli genset tanpa mengetahui berapa kebutuhan listrik yang ada di rumah atau kantor tempat genset nanti digunakan, tentu tidak bijak! Oleh karena itu hitung beban kebutuhan listrik. Anda bisa mengira-ngira kebutuhan listrik di rumah dengan cara menghitung peralatan elektronik apa saja yang biasanya digunakan atau sering dipakai. Dengan begitu, anda bisa menyesuaikan kebutuhan listrik dengan daya watt genset yang dibeli.

2.       Pilih Merk

Banyaknya merk atau brand genset yang ada saat ini tentu bisa membuat bingung ketika hendak membeli nanti. Merk lokal ataupun luar memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika tidak mengetahui merk mana yang bagus, anda bisa mencari informasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli, caranya bisa dengan bertanya, mencari info di internet atau mintalah rekomendasi dari beberapa orang yang sudah pernah menggunakan genset. Sebaiknya jangan tergiur dengan harga genset murah yang ditawarkan tanpa mengetahui secara jelas dan benar kualitas barangnya.

3.       Tentukan Jenis

Selain pilihan merk yang beragam, banyaknya jenis atau tipe genset juga seringkali membuat bingung dan susah menentukan pilihan. Cara cerdas yang bisa dilakukan untuk bisa memilih jenis genset yang tepat adalah dengan menyesuaikan beberapa hal seperti kebutuhan listrik, cara penggunaan, peletakkan genset nantinya, bahan bakar yang digunakan dan lainnya. Dengan memikirkan beberapa hal seperti tadi, maka akan sangat membantu dan memudahkan dalam memilih jenis genset yang pas.

4.       Garansi

Jika anda memutuskan ingin membeli genset yang baru, maka pastikan untuk memilih genset yang bergaransi resmi. Hal ini untuk menghindari terjadinya kerusakan mesin tanpa sebab atau sebagai jaminan bahwa produk yang dibeli berkualitas dan dapat digunakan tanpa adanya masalah. Tanyakan kepada penjual berapa lama masa garansi yang diberikan, jadi jika sewaktu-waktu genset mengalami masalah, anda bisa minta pertanggung jawaban dari pihak penjual.

5.       Beli Langsung Atau Lewat Online?

Banyaknya toko online, marketplace serta produsen genset yang menawarkan melalui media internet, menjadi pilihan lainnya dalam jual beli, termasuk jual beli genset. Terkadang pilihan untuk membeli langsung ke toko atau beli online menjadi masalah lainnya. Jika anda berada cukup jauh dari toko yang menjual langsung genset, maka pilihan untuk membeli online dirasa lebih bagus dan praktis meski akan ada beban tambahan biaya ongkir. Namun hal ini, jika dihitung-hitung kurang lebih saja dengan biaya yang dikeluarkan berupa ongkos transport. Mau beli langsung atau online, pilihan tetap ditangan anda. Hanya saja pastikan untuk mendapatkan genset yang bagus dan bermutu.

6.       Kemudahan Operasi Dan Perawatan

Saat sudah menentukan pilihan terhadap jenis genset mana yang dipilih, sebaiknya anda juga sudah memahami bagaimana cara pengoperasiannya serta cara perawatannya. Jika anda tipe orang yang tidak suka ribet atau tergolong praktis, pilih genset yang mudah dalam pengoperasiannya agar anda tidak kesulitan nantinya.

No comments.

Leave a Reply