6 Makanan Ini Membantumu Menjaga Kesehatan Gigi

Produk Nasa

Makanan tertentu dapat membantu mencegah gigi berlubang dan membusuk, mencegah terjadinya plak, dan bahkan menyegarkan nafas. Berikut beberapa makanan yang bisa kamu masukkan dalam menumu untuk lebih menjaga kesehatan gigi.

Susu dan Telur

Susu dan kuning telur adalah sumber kalsium dan vitamin D. Tubuh kita membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium, yang nantinya akan memperkuat tulang dan gigi.

Jika kamu mungin tidak menyukai susu dan telur, kamu bisa mengonsumi makanan lain yang mengandung kalsium dan vitamin D. Berjemur di bawah sinar matahari juga bisa memberimu asupan vitamin D.

Keju dan Yogurt

Makanan yang kaya kalsium dan fosfor dapat melindungi email gigi dan membantu mengganti mineral dalam gigi (remineralisasi). Keju rendah lemak dan yogurt tanpa lemak yang kaya kalsium bisa jadi menu pilihan dalam dietmu. Keju sangat bermanfaat karena mengandung kasein, sebuah protein yang ditemukan dalam produk susu yang dapat menopang enamel.

Daging, Ikan, dan Tahu

Daging, ikan berlemak (contoh: salmon), dan tahu sarat dengan fosfor, mineral penting yang dapat melindungi email gigi. Kaldu buatan sendiri yang terbuat dari tulang dan daging juga merupakan sumber fosfor yang baik.

Sayuran Hijau Tua

Jika kamu vegetarian atau kurang suka produk hewani, sayuran berwarna hijau tua bisa menjadi pilihan. Kale, bok choy, brokoli, okra dan sayuran berdaun gelap lainnya adalah makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral.

Sayuran Renyah

Sama seperti bagian tubuh kita yang lain, gigi juga membutuhkan sedikit ‘olahraga’. Makanan yang renyah, membutuhkan banyak kunyahan, dan mengandung banyak air baik untuk kesehatan mulut karena mereka merangsang air liur dan menggosok permukaan gigi. Air liur juga mengandung enzim yang melindungi asam yang ada dalam makanan dan membersihkan sedikit makanan dari celah-celah gigi.

Apel

Apel, juga buah-buahan berserat tinggi lainnya dapat menggosok plak dan menyegarkan nafas. Selain itu, tekstur apel yang renyah juga bagus untuk melatih gigi.

Tapi dengan makanan saja tidak cukup, kamu masih harus membersihkan gigimu dengan pasta gigi berkualitas. Kamu bisa memakai pasta gigi NASA yang bisa didapat di ProdukNASA. Pasta gigi ini mengandung fluoride dan bahan-bahan berkualitas lainnya yang bagus untuk gigi.

No comments.

Leave a Reply