7 Tips Merawat Komputer Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Harga hardware komputer seperti hard disk, motherboard/mainboard/mobo, RAM, VGA, sound card, hingga pendingin (fan) sebenarnya tidaklah terlalu mahal. Apalagi jika kita beli di toko online seperti Bukalapak. Tapi tetap saja, mengalami musibah seperti kerusakan PC bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Pasalnya, akan ada banyak pekerjaan yang tertunda dan kemungkinan kita tidak bisa menggunakannya hingga beberapa hari kedepan.

Perangkat Keras Komputer Bukalapak

Bagi kamu yang sangat bergantung pada komputer, baik untuk bekerja atau sebagai sumber hiburan, menjaga agar perangkat keras komputer bisa bertahan lama dan awet serta tidak mudah rusak adalah sebuah keharusan. Nah, agar hardware komputer-mu tidak mudah rusak sekalipun rutin dipakai, beberapa tips berikut ini sebaiknya kamu terapkan.

Bersihkan debu yang menempel pada perangkat komputermu setiap hari

Kalau kamu menggunakan komputer setiap hari dan membiarkannya berada pada kondisi terbuka, yang berpotensi menyebabkan debu dan kotoran menempel. Kamu wajib membersihkannya setiap hari. Membersihkan casing PC, keyboard, mouse, hingga monitor serta kabel-kabel perlu kamu lakukan secara rutin.

Saat membersihkan komputer, pastikan komputer tidak sedang terhubung ke listrik. Jadi pastikan kamu mencabut colokan terlebih dahulu sebelum mulai membersihkan dengan lap yang lembab agar debu bisa dengan mudah menempel.

Tapi ingat, membersihkan dengan menggunakan lap yang lembab hanya boleh digunakan pada bagian luar saja. Untuk bagian yang sensitif, termasuk layar monitor, sebaiknya gunakanlah lap yang kering tapi bisa membersihkan debu dengan baik, seperti kain microfiber.

Bersihkan bagian dalam casing komputer sebulan sekali atau maksimal 3 bulan sekali

Tidak seperti bagian luar komputer yang berpotensi terkena debu dan kotoran setiap hari, bagian dalam casing komputer dimana perangkat keras berada biasanya cukup terlindungi dan tidak mudah kotor.

Tapi karena debu dan berbagai kotoran bisa menyebabkan komputer rusak. Karena debu juga bisa jadi penghantar listrik, maka kita perlu membersihkannya secara rutin setidaknya 3 bulan sekali. Jika memungkinkan, sebaiknya bersihkan komputer sebulan sekali agar perangkat keras yang ada di dalamnya tidak mudah rusak dan kotor.

Tempatkan komputer di tempat yang terlindungi jika tidak digunakan dalam waktu lama

Seperti yang telah saya sampaikan di atas, harga hardware yang bagi sebagian orang tidak terlalu mahal, bisa cepat rusak apabila tidak dijaga dan tidak rutin dibersihkan.

Bagi kamu yang berencana untuk meninggalkan komputer dalam waktu lama. Sebaiknya letakkan di tempat (di dalam kardus) yang terlindungi dari debu dan kotoran. Atau jika malas memindahkan, kamu bisa mencari sesuatu untuk menutup komputer. Misalnya dengan menggunakan kain atau plastik.

Gunakan stabilizer untuk mengontrol listrik yang fluktuatif

Kalau komputermu sering mengalami kerusakan, dan memaksamu membeli komponen baru. Kamu wajib mencurigai listrik di rumahmu. Jika listrik di rumahmu fluktuatif atau tidak stabil. Lindungi komputer dengan menggunakan stabilizer yang bisa membantu menstabilkan pasokan energi menuju komputer.

Dengan adanya stabilizer, kamu tidak akan lagi sering mengecek harga hardware komputer di toko online untuk mencari pengganti komponen yang rusak.

Gunakan UPS sebagai backup sumber energi apabila listrik mati

Salah satu penyebab kerusakan pada komputer adalah listrik yang mati secara tiba-tiba. Berbeda halnya ketika kita menggunakan laptop yang memiliki back up energi dari baterai. Menggunakan PC biasa yang tidak memiliki baterai sebagai cadangan sumber energi, pasti akan ikut mati ketika listrik padam. Agar potensi kerusakan bisa diminimalisir, jangan lupa lengkapi diri dengan UPS. Sehingga, kamu sempat mematikan komputer melalui soft mode.

Perhatikan pendingin yang kamu gunakan

Terus-menerus bekerja sepanjang hari membuat komputer mengalami panas (heat) yang kadang-kadang berlebihan apabila dipaksakan. Tanpa pendingin yang tepat, hardware komputer akan cepat rusak. Jika kamu sering menggunakan komputer untuk bermain game atau untuk menjalankan software berat. Pastikan kamu melengkapi casing PC dengan pendingin yang mumpuni.

Jangan sering memaksakan kinerja komputer

Jika kamu kerap kali menjalankan software besar seperti Adobe Photoshop, Adobe Premiere, software 3D, atau game-game dengan grafis resolusi tinggi. Kamu wajib membeli perangkat keras yang mendukung. Alih-alih memaksakan komputer yang hanya memiliki spesifikasi rendah, komputermu akan lebih awet jika dibekali komponen yang sesuai dengan kebutuhan.

Jika saat ini kamu rasa spesifikasi komputermu masih terlalu rendah, sebaiknya segera lakukan upgrade. Harga hardware komputer di toko online lumayan murah. Apalagi jika kamu berbelanja seperti di online shop Bukalapak yang memang terkenal sering menawarkan diskon serta promo menarik.

No comments.

Leave a Reply