8 Komponen Komputer Yang Wajib Anda Tahu Sebelum Membeli PC

Di setiap komputer pasti dilengkapi dengan sebuah komponen komputer yang sudah menjadi satu paket ketika kita membelinya. Dan apabila salah satu komponen terdapat kerusakan pada komputer maka akan mengalami error dengan sendirinya oleh karena itu kita sebagai pengguna harus pandai menjaga agar komponen tersebut tidak mudah rusak.

Jika komponen itu rusak kita perlu menggantinya dengan yang baru dan harus memilih komponen komputer yang terbaik untuk komputer yang kita gunakan. Namun, bagi para pemula pasti belum terlalu mengerti bukan apa itu komponen komputer? Untuk itu, kali ini kami akan mengulas sedikit informasi tentang berbagai komponen komputer yang harus anda miliki berikut ini.

  1. Processor 
Komponen Komputer

Sumber: evetech.co.za

Processor merupakan komponen yang paling penting pada komputer karena dapat mengontrol proses jalannya komputer dan processor juga dapat dikatakan sebagai otak komputer.

  1. RAM 
RAM

Sumber: thomann.de

RAM adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk penyimpanan data-data yang ada pada komputer jika tanpa ini komputer akan lambat memproses data.

  1. HARD DISK 
Hard Disk

Sumber: indiamart.com

Hard disk ini digunakan untuk menyimpan data melalui kabel usb dan hardisk dapat menyimpan data lebih banyak.

  1. PC Cooler 
PC Cooler

Sumber: ali expres

Perangkat ini berfungsi untuk mendinginkan panas yang bersumber dari komputer, PC cooler yang dipasang di atas komputer akan dapat membuat komputer bekerja dengan optimal.

 

  1. Monitor 
Monitor

Sumber: bhphotovideo.com

Monitor berfungsi untuk menampilkan visual gambar, monitor merupakan perangkat yang sangat penting pada komputer tanpa adanya monitor maka anda tidak akan bisa menikmati sesuatu yang ditampilkan pada layar

  1. CPU 
CPU

Sumber: indiamart.com

CPU ini merupakan hal yang paling penting, karena berisikan motherboard beserta komponen-komponennya yang dapat terhubung ke monitor langsung dan disebut otak pada komputer juga.

  1. Motherboard 
Motherboard

Sumber: Amazon

Motherboard ini merupakan papan yang berisikan komponen-komponen dan kabel untuk menghubungkan ke komputer.

  1. Power Supply 

Power Supply

Power Supply adalah perangkat yang paling penting pada komputer. Benda ini berguna untuk menentukan kecil atau besarnya daya yang akan masuk ke komputer. Selain itu komponen komputer yang satu ini memiliki beberapa jenis sesuai dengan fungsinya berikut ini.

  • Power Supply AT 
Power Supply AT

Sumber: newegg.com

Power supply ini merupakan power supply yang paling banyak digunakan untuk motherboard jenis AT. Power supply AT sangat cocok untuk digunakan pada processor jadul seperti intel platinum.

Jenis power supply ini tidak otomatis untuk mematikan komputer melainkan harus pengguna sendiri yang mematikannya. Power supply AT memiliki daya listrik yang cukup rendah, dan kabel daya listrik ini menggunakan pin 12 buah.

  • Power Supply ATX 
Power Supply ATX

Sumber: aliexpress.com

Power supply ini merupakan power supply yang sering digunakan pada motherboard jenis ATX dan biasa digunakan pada processor jenis AMD. Power supply ATX cukup canggih dari power supply yang pertama karena mempunyai sistem off yang otomatis saat shutdown komputer.

  • Power Supply BTX 
Power Supply BTX

Sumber: powersupplybtxtugaspik.blogspot.com

Yang terakhir ada power supply BTX yang merupakan PSU (power supply) yang paling standar jika digunakan pada komputer. Untuk prosesornya menggunakan Dual Core, Core2 Duo atau intel. PSU ini banyak dijual di toko-toko hardware karena cocok untuk semua jenis komputer. Power supply ini memiliki kabel 24 pin dan kabel sata 15 pin yang mempunyai daya listrik besar.

Itulah 8 komponen komputer yang harus anda tahu sebelum membelinya untuk seorang pemula. Sebab, jika tanpa adanya komponen – komponen penting di atas, maka komputer atau PC tidak akan bisa berjalan sesuai fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

No comments.

Leave a Reply