Beberapa Cara Penanganan Atau Pertolongan Pertama Yang Mudah Pada Penderita Diare

Diare Penyakit

Diare adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Penyakit ini bisa mengakibatkan seorang penderitanya mengalami dehidrasi atau kehilangan cairan disebabkan oleh buang air besar yang intensitasnya diluar batas normal kebiasaan sehari – hari atau sering. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, kapan saja dan dimana saja baik itu anak – anak maupun orang dewasa. Diare ini termasuk jenis penyakit yang berbahaya karena bisa menyebabkan kematian jika penanganannya tidak tepat ataupun kurang cepatnya penanganan. Kematian yang ditimbulkan oleh penyakit ini akibat dehidrasi berat yang diderita seseorang. Maka dari itu anda jangan anggap penyakit ini biasa saja karena penyakit diare ini sangat berbahaya jika tidak segera ditangani dengan benar. Beberapa cara penanganan  atau pertolongan pertama yang mudah bisa dilakukan oleh anda, diantaranya.
1. Jaga keseimbangan cairan
Diare sangat berhubungan sekali dengan cairan tubuh. Makanya tidak salah jika penanganan pertama pada penderita penyakit ini adalah menjaga cairan tubuh agar tetap seimbang dengan cara banyak minum. Namun air minum juga harus diperhatikan, jika tidak ada oralit, maka penggantinya adalah larutan gula garam, teh manis ataupun air mineral. Jangan memberikan susu ataupun minuman dengan pemanis buatan. Bila diberikan, bukannya sembuh justru malah memperparah penyakit.
2. Pola makan
Seseorang yang terserang diare biasanya merasa lemas karena kurangnya tenaga. Nah bukan hanya minuman, makanan juga sangat dibutuhkan oleh penderita diare sebagai pertolongan atau penanganan pertama. Seperti halnya minuman, makanan juga tidak sembarang dimakan, makanlah yang mengandung karbohidrat sebagai sumber tenaga ataupun yang berprotein. Hindarilah makanan seperti sayuran dan buah – buahan sementara waktu sampai sembuh. Sayur dan buah mengandung serat yang justru bisa memperparah kondisi penderita.
3.Istirahat
Istirahat sangat diperlukan oleh seseorang yang menderita penyakit diare, karena penyakit ini bisa menguras tenaga karena asupan makanan dan minuman yang harusnya diserap oleh tubuh malah tebuang sia – sia. Menjaga agar tidak beraktifitas berat menjadi salah satu cara agar tubuh tidak terlalu lemas. Bahkan sebaiknya istirahat total jika memang diarenya sudah parah.
Selain penanganan yang tepat pencegahan juga harus dilakukan sejak awal. Biasakan cuci tangan dengan sabun anti bakteri agar meminimalisir terjadinya penyakit ini. Meskipun diare adalah penyakit yang berbahaya. Namun tetap saja jika pencegahannya tepat dan pertolongan pertama yang cepat, maka penyakit ini tidak akan membahayakan anda.

No comments.

Leave a Reply