Begini Cara Membaca Polis Asuransi

Jaman sekarang tampaknya hampir semua orang menyadari betapa pentingnya layanan asuransi. Asuransi menjadi sebuah kebutuhan untuk melindungi diri kita sendiri maupun orang-orang yang kita cintai. Dengan memiliki asuransi bisa dikatakan kita akan merasa aman dan merasa selalu terlindungi.

Sebelum memilih layanan asuransi, anda harus tahu bahwa dalam dunia asuransi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipahami. Salah satu yang harus anda pahami adalah seputar polis asuransi. Polis asuransi itu sendiri merupakan kesepakatan antara pihak pemegang polis dan perusahaan asuransi yang bersangkutan.

Cara Membaca Polis Asuransi

Polis asuransi ini tentu saja memiliki peran yang sangat penting ketika anda akan memilih asuransi. Anda harus membaca polis asuransi dengan cermat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan di kemudian hari. Namun, membaca dan memahami isi polis asuransi juga tidaklah mudah. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membaca polis asuransi untuk lebih memudahkan anda.

Cara Membaca dan Memahami Polis Asuransi

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memahami polis asuransi dengan baik :

  1. Baca dengan Hati-Hati

Pastikan bahwa anda benar-benar membaca polis asuransi yang anda terima dengan hati-hati. Jangan terburu-buru membaca polis asuransi dan pastikan anda benar-benar mencermati satu per satu poin yang dimuat dalam polisi asuransi tersebut.

Banyak sekali orang yang menganggap gampang polis asuransi ini dan tidak membacanya dengan teliti. Akhirnya, mereka langsung memberikan persetujuan tanpa mengetahui isi polis asuransi dengan lengkap.

  1. Belajar Kosa Kata Dunia Asuransi

Perlu diketahui bahwa dalam dunia asuransi ada banyak kosa kata atau istilah yang mungkin akan terdengar asing. Agar anda bisa memahami polis asuransi dengan baik maka anda harus belajar kosa kata di dunia asuransi terlebih dahulu. Anda bisa belajar dari internet soal istilah-istilah di dunia asuransi agar bisa membaca dan memahami polis asuransi dengan mudah.

  1. Memastikan Setiap Data

Begitu anda menerima polis asuransi maka anda harus memastikan ikhtisar yang anda terima. Ikhtisar merupakan lembar pernyataan yang berisikan data lengkap dari tertanggung dan pemegang polis. Anda harus memastikan semua data yang tercantum di sana apakah sudah benar sesuai dengan kenyataan atau belum.

  1. Cermati Setiap Aturan

Dalam polis asuransi yang anda terima biasanya akan dicantumkan peraturan apa saja yang sudah ditetapkan. Anda harus membaca satu per satu peraturan tersebut. Jangan sampai di kemudian hari, ada peraturan yang ternyata dirasa merugikan namun tidak anda sadari ketika membaca polis asuransi dan langsung anda setujui.

  1. Masa Tenggang

Setelah anda membaca polis asuransi dan menemukan ada hal-hal yang dirasa tidak tepat maka anda bisa menggunakan masa tenggang. Masa tenggang terhitung selama 7 sampai 14 hari sejak tanggal terbitnya polis asuransi. Di masa tenggang ini anda bisa mengkaji ulang dan memikirkan kembali polis asuransi tersebut.

Dalam jangka waktu ini, anda sebagai nasabah bisa membatalkan polis dan anda tidak perlu membayar denda. Uang yang sudah anda setorkan juga bisa dikembalikan secara utuh tanpa potongan sedikitpun. Masa tenggang ini disebut juga sebagai cooling off period dan harus anda manfaatkan sebaik mungkin.

Itulah tadi beberapa cara membaca polis asuransi yang bisa anda lakukan. Jangan terburu-buru dan pastikan untuk selalu berhati-hati dalam mengambil langkah apapun. Pastikan pilihan asuransi yang anda ambil merupakan pilihan yang tepat dan tidak membawa kerugian untuk anda di masa depan.

No comments.

Leave a Reply