Beli Notebook Murah Untuk Gaming Harus Memperhatikan Hal Berikut!

Notebook Gaming Bukalapak

Bermain game menjadi salah satu hobi yang banyak dimiliki orang terutama anak muda. Game tersebut biasanya dapat dimainkan lewat ponsel pintar atau dari komputer misalnya notebook. Jika dibandingkan dengan laptop, notebook memiliki ukuran yang lebih kecil dan memiliki harga yang lebih murah. Beli notebook murah untuk bermain game, tidak hanya harus memperhatikan hal berikut sehingga Anda bisa bermain game dengan lebih leluasa.

Pertama adalah processor. Bagi Anda yang suka bermain game, processor sangat perlu dan harus diperhatikan karena jenis processor yang digunakan bisa mempengaruhi performa notebook saat sedang Anda gunakan untuk bermain game misalnya tersendat bahkan nge-hang atau unresponsive. Perhatikan jenis atau tipe dari processor serta kecepatan dari processor tersebut. Kecepatan processor yang tinggi bisa membuat game yang Anda mainkan menjadi lebih lancar.

Kedua adalah kartu grafis yang digunakan. Kartu grafis yang digunakan di dalam notebook tersebut akan berpengaruh pada output grafis atau gambar dari notebook tersebut. Dengan kartu grafis yang mumpuni, tidak hanya warna yang akan terlihat lebih tajam namun juga gambar seperti karakter dari game tersebut. Namun, hal yang harus diingat adalah semakin tinggi atau canggih dari graphic card yang digunakan maka harga dari notebook tersebut akan semakin lebih mahal karena ketajaman output juga berbeda.

Ketiga adalah RAM. Beli notebook murah untuk gaming akan sia-sia jika RAM yang terpasang tidak mumpuni. Namun, besar RAM dapat disesuaikan dengan jenis game yang hendak Anda mainkan. Jika game yang ingin Anda instal dan mainkan di notebook adalah game HD 3D yang cukup berat maka Anda harus mencari RAM besar. Jika budget terbatas, Anda bisa menggunakan solusi lain yaitu dengan menambah atau mengganti RAM setelah masa garansi habis. Hal tersebut dikarenakan jika Anda mengganti atau menambah RAM setelah Anda membeli, maka Anda harus membuka atau membongkar segel notebook dan jika segel sudah dibuka maka kartu garansi tidak dapat berlaku lagi walaupun masa garansi masih berlaku.

Keempat adalah memori internal. Notebook terdapat HDD dan SSD yang menjadi tempat penyimpanan utama. HDD notebook biasanya 500 GB sebagai memori utama. Semakin besar HDD atau tempat penyimpanan di notebook maka akan semakin banyak dan besar jumlah data dan aplikasi yang dapat tersimpan dan terinstal di notebook tersebut. Dibandingkan dengan HDD, SSD jauh lebih cepat, ringan dan efisien sehingga lebih hemat daya baterai dan hal tersebut membuat performa game yang Anda mainkan juga akan lebih bagus. Walaupun notebook gaming lebih bagus yang menggunakan SSD namun tentunya harganya juga akan lebih mahal dibandingkan dengan notebook yang menggunakan HDD sebagai memori internalnya.

Hal lainnya yang harus Anda perhatikan saat akan beli notebook murah untuk gaming, yaitu:

Kualitas layar. Walaupun notebook memiliki layar yang tidak besar, maksimal hanya 18”, namun semakin besar layar untuk bermain game akan membuat Anda menjadi lebih nyaman untuk bermain game. Jenis layar yang bisa Anda pilih adalah yang dilengkapi dengan IPS.
Audio. Saat bermain game jika tidak memiliki audio yang bombastis, permainan game akan terasa kurang lengkap. Jadi, cek terlebih dahulu system audio di notebook tersebut sebelum membeli.
Daya tahan dari baterai tersebut karena saat bermain game akan membuat baterai menjadi cepat panas dan habis.
Suhu yang dihasilkan oleh notebook apakah mudah naik atau tetap dingin walau digunakan.
Design notebook.

No comments.

Leave a Reply