Benarkah Asuransi Mobil All Risk Lebih Menguntungkan dari TLO?

Seperti yang sudah diketahui, menggunakan jasa asuransi bagi para pemilik kendaraan roda 4 bukan merupakan hal yang asing lagi. Bahkan biasanya secara langsung mereka juga akan mendapatkan asuransi mobil all risk ketika ingin membeli mobil secara kredit. Namun sebenarnya apakah asuransi all risk selalu lebih menguntungkan dibandingkan dengan TLO?

Asuransi Mobil All Risk

Pentingnya Memiliki Asuransi Mobil

Risiko selama berkendara di jalanan bisa saja datang tak terduga. Terlebih lagi bagi Anda yang biasa menggunakan mobil setiap harinya. Hal inilah yang membuat sebagian banyak orang beranggapan bahwa memiliki asuransi mobil merupakan salah satu hal yang penting. Pasalnya asuransi mampu memberikan perlindungan terhadap kerugian finansial akibat kecelakaan.

Terlebih lagi ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki asuransi mobil. Namun pada intinya memiliki asuransi mobil mampu mengalihkan risiko finansial yang mungkin saja terjadi pada kendaraan Anda kepada perusahaan asuransi. Bahkan pilihan produk asuransi mobil juga cukup beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya.

Asuransi Mobil All Risk

Ya sesuai dengan namanya, asuransi mobil yang satu ini mampu menanggung semua risiko yang terjadi pada kendaraan Anda. Mulai dari kendaraan yang rusak berat, rusak ringan, hingga hilang. Meski begitu produk asuransi mobil yang satu ini cenderung memiliki premi yang lebih mahal. Terlebih lagi jika Anda memasukkan risiko banjir, huru-hara, hingga kerusakan oleh pabrik.

Meski premi yang dibayarkan cenderung lebih mahal, namun tentunya Anda akan mendapatkan keuntungan lebih yang tidak bisa didapatkan pada produk asuransi mobil lainnya. Pada umumnya premi asuransi all risk berkisar antara 2,5 hingga 3,5 dari harga kendaraan Anda dan berlaku selama 1 tahun. Jadi Anda bisa memperkirakan sendiri berapa besarnya premi yang dibayarkan.

Asuransi Mobil Total Lost Only (TLO)

Lain halnya dengan asuransi all risk, produk asuransi TLO hanya bersedia mengganti jika kendaraan Anda mengalami rusak berat yang tidak bisa diperbaiki lagi atau hilang. Contohnya ketika Anda mengalami kecelakaan dan kendaraan Anda mengalami kerusakan hingga 75%, maka mobil Anda akan diganti sejumlah uang yang sudah disepakati sebelumnya.

Seperti yang sudah diketahui bahwa premi asuransi TLO cenderung lebih murah dibanding dengan asuransi all risk. Premi asuransi TLO hanya berkisar antara 0,8 hingga 1% dari harga kendaraan Anda. Masa berlaku asuransi yang satu ini juga sama dengan produk asuransi mobil pada umumnya. Masa berlaku asuransi TLO adalah 1 tahun.

Apakah Asuransi All Risk Lebih Menguntungkan dari Pada Asuransi TLO?

Sebenarnya kedua produk asuransi mobil tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Salah satu poin penting yang perlu diperhatikan ketika hendak memilih produk asuransi TLO atau all risk adalah besarnya premi yang harus dibayarkan. Memang produk asuransi all risk jauh lebih menguntungkan, namun premi yang dibayarkan juga lebih besar.

Pada umumnya para pengendara yang memiliki asuransi all risk cenderung tidak hati-hati. Sebab mereka dapat mengajukan klaim bahkan jika terjadi kecelakaan kecil di jalan. Namun sebenarnya hal ini hanya akan membuat biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Lain halnya dengan para pengendara yang memiliki asuransi TLO, biasanya mereka akan lebih berhati-hati saat berkendara.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai produk asuransi mobil all risk dan TLO. Pada dasarnya kedua produk asuransi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi pastikan Anda memilih produk asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa mendapatkan kedua produk asuransi di atas dengan premi yang lebih mudah di hanya simplr.id.

No comments.

Leave a Reply