Cara Hemat Uang Agar Tak Cepat Habis 2013

Cara Hemat – Anda merasa uang anda cepat sekali habis (bokek) atau tidak mencukupi sesuai dengan perkiraan bulanan berikut ini kami hadirkan cara hemat uang anda dengan ulasan yang santai dan cocok banget buat remaja kayak kita-kita.
 
Cara Hemat Uang
Cara Hemat Uang

Tips Cara Hemat Uang

Saat sedang memiliki uang yang banyak di dompet maupun rekening, paypal yang berasal dari entah itu uang gaji atau yang lainnya, Kebanyakan orang kepinginnya segera membeli keperluan atau barang-barang yang diinginkan saat itu juga.Faktanya banyak orang gak bisa  hidup dengan cara hemat mengontrol keinginan untuk membeli berbagai macam barang jika uang sudah ada di tangan kan.
 
Bahkan bisa jadi saking senangnya berbelanja, eh tahu-tahu uang atau gaji tinggal sedikit atau pun habis, padahal belum lagi masa gajian berikutnya.
Agar uang gak cepat habis sebelum waktunya atau jika gak ingin menjadi cepat boros, paling gak menekan agar pengeluaran tidak berlebihan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga agar uang gak cepat habis.
Berikut tips hemat menjaga uang agar tidak cepat habis (menurut beberapa sumber)
Buat Perencanaan Pengeluaran Bulanan
Setiap bulan pasti ada saja yang perlu dibayarkan, entah itu tagihan listrik, telepon, pengeluaran kebutuhan pokok sehari-hari atau lain. Nah sebaiknya setelah menerima gaji bulanan, cobalah untuk langsung membayar atau menyisihkan gaji untuk tagihan-tagihan dan juga kebutuhan pokok sehari-hari itu atau juga pengeluaran penting lainnya. Jika semua sudah dibayarkan atau sudah diperhitungkan, baru deh jika masih ada sisa gaji bisa digunakan untuk membeli barang yang diinginkan atau jika gak sisa uang itu bisa ditabung untuk keperluan mendadak, misal jika ada undangan pernikahan dsb.
Biasakan Menabung Mulai Dari Sekarang
Menabung gak selalu harus di bank, meski emang bank bisa memberikan keamanan serta bunga yang bisa meningkatkan jumlah uang tabungan anda. Menabung juga bisa dilakukan di rumah, misalnya, menabung di celengan. Coba deh sisihkan uang setiap hari, entah itu hanya Rp 1000 atau mungkin hingga Rp 10.000 (itu sih terserah anda), namun jika anda disiplin menyisihkan uang untuk ditabung, toh pada akhirnya anda pasti merasa senang setelah berbulan-bulan menabung, anda kemudian mengetahui jumlah simpanan di celengan anda saat memecah tabungan itu.
 
Jangan Menggunakan Kartu Kredit.
Kartu kredit bisa menjadi penolong tapi juga bisa menjadi bumerang bagi anda karena kartu kredit secara gak sadar bisa memanjakan anda dalam berbelanja, terlebih jika anda termasuk orang yang gak bisa mengontrol pengeluaran anda. Jadi jika ingin berbelanja, sebaiknya anda membawa uang cash.
 
Jangan Membawa Uang Tunai Berlebihan
Ada sebagian orang yang bisa jadi secara gak sadar yang gak tahan untuk menghabiskan uang tunai yang dibawanya. Nah jika anda termasuk orang seperti itu, mungkin sebaiknya bawa uang tunai seperlunya saja. Misal saja jika anda ingin berbelanja keperluan bulanan (keperluan pokok yang pastinya gak berubah kecuali harga barang naik seperti menjelang Hari Lebaran), maka bawalah uang tunai sebesar kebutuhan pokok bulanan. Jadi jika anda berniat kepingin membeli sesuatu diluar kebutuhan pokok, anda pasti berpikir ulang sejak uang yang dibawa hanya pas untuk barang pokok bulanan.
Selalu Persiapkan Rencana Dana Cadangan
Kita gak pernah tahu apa yang bakal terjadi di masa depan. Dana cadangan diperlukan untuk keperluan yang tiba-tiba atau hal yang kita tidak inginkan, seperti misal biaya untuk ke dokter, atau biaya untuk kado ulang tahun dan lain-lain.
Tapi ingat hidup cara hemat bukan berarti pelit ya, kita hidup cuman sekali jadi jangan terlalu mengekang apa keinginan anda selama masih wajar dan tidak menyalahi aturan, why not ngeluarin uang sekali-kali.

 

No comments.

Leave a Reply