Cara Memandikan Bayi Yang Benar 2013

Memandikan Bayi – Berikut ini kami hadirkan tips bagaimana cara-cara memandikan bayi yang baik dan benar, apalagi untuk memandikan bayi baru lahir tentu anda harus ekstra hati-hati dan teliti untuk memandikannya. Bahkan sebagian besar para dokter selalu menyarankan agar tidak memandikan bayi pada usia yang masih dini, khususnya pada minggu-minggu pertama kelahirannya.
 
Gambar Memandikan Bayi
Gambar Cara Memandikan Bayi
 

Cara Memandikan Bayi Yang Baik dan Benar

Pada masa awal kelahiran bayi, khususnya saat tali pusatnya belum putus, maka langkah yang paling tepat dan bijak untuk dilakukan adalah memandikan bayi bukan dengan cara diguyur atau tubuhnya direndam di dalam bak mandi. Tetapi bayi cukup hanya dimandikan dengan cara diseka dengan waslap.

Meski demikian bagi para ibu yang masih kebingungan bagaimana cara memandikan bayi yang baru lahir dengan cara diseka dengan menggunakan waslap, maka berikut ini adalah trik dan tipsnya disajikan kepada Anda:

1. Sebelum memandikan bayi, maka hal pertama yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu adalah peralatan mandi, seperti air hangat dalam baskom ukuran sedang, selain itu sediakan juga shampo dan sabun bayi, waslap, serta handuk bayi.

2. Setelah peralatan mandi kesemuanya telah tersedia, maka kemudian hal yang dilakukan adalah membuka baju bayi secara perlahan-lahan. Bungkuslah bayi pada handuk, dan baringkan tubuhnya diatas alas anti air.

3. Tutuplah bagian tubuh bayi yang sedang tidak Anda bersihkan dengan handuk, hal ini dimaksudkan agar bayi tidak kedinginan.

4. Bersihkanlah pada bagian kelopak mata, khususnya pada bagian atas secara perlahan dengan waslap yang sudah direndam air hangat dan diperas.

5. Kemudian usaplah telinga bayi bagian luar. Kemudian, bersihkan dengan waslap lipatan-lipatan di leher, tangan dan kakinya.

6. Setelah itu berikan sedikit shampo di waslap dan gosok sampai keluar busanya, perlahan usapkan pada kepala si kecil. Bersihkan waslap dan usap lembut kembali kepala bayi hingga tak ada busa tersisa.

7. Khusus pada bagian are kelamin, bersihkan dari arah depan ke belakang. Jika bayi Anda laki-laki dan belum disunat, tak perlu menarik ujungnya, cukup bersihkan bagian luarnya saja.

Tips Memandikan Bayi Tambahan :

Membersihkan seputar alat kelamin bayi

Tips Memandikan Bayi Laki-laki:
Bersihkan kotoran yang ada pada kulup secara perlahan, dorong lembut kulit penis ke pakaiannya. Sekalah (seko) kotoran dengan kasa basah.

Tips Memandikan Bayi Perempuan:
Bersihkan daerah kemaluan dari depan ke belakang (dari kemaluan ke anus dan dapat diulang dengan kasa baru), demikian pula dengan selangkangan.

Membersihkan bagian dalam telinga dan hidung

  1. Bersihkan lubang hidung yang terlihat dengan kapas (cotton bud) basah.
  2. Bersihkan bagian terluar telinga yang bisa dilihat dengan kapas basah.

Setelah proses memandikan bayi sudah selesai Anda kerjakan seperti yang sudah diterangkan diatas, maka selanjutnya adalah memakaikan bayi popok dan baju. Selain itu Anda juga jangan lupa untuk menaruh lipatan popok di bawah sisa tali pusat bayi. Dengan cara diatas, maka tentunya bayi Anda sudah bersih, dan harum kembali.

Semoga info Cara cara memandikan bayi diatas bisa bermanfaat untuk anda semua.

No comments.

Leave a Reply