Cara Membuat Resep donat kentang empuk yang Enak

Resep donat kentang empuk menjadi salah satu resep yang sering dieksekusi oleh para ibu. Seperti yang kita ketahui bahwa donat adalah jajanan yang mudah ditemukan dimana-mana dengan ciri khasnya yaitu memiliki lubang pada tengahnya. Jajanan ini mampu menarik minat pembeli dengan berbagai toping di atasnya. Mulai dari cokelat, keju, coklat putih dan masih banyak lagi. Nah pada kali ini Tercanggih.com akan share mengenai tips dan resep donat kentang empuk yang bisa kalian coba di rumah.

Resep Donat Kentang Empuk

Pada saat berkumpul bersama keluarga tentunya jajanan yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai hidangan istimewa. Karena banyak yang meletakkan donat sebagai jajanan favorit. Berikut ini akan diuraikan tentang cara membuat resep donat kentang yang rasanya tak kalah enak dengan donat biasa.

  1. Persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Adapun beberapa bahan yang harus Anda persiapkan untuk resep donat kentang empuk adalah;

500 gram tepung terigu, 50 gram susu bubuk, 11 gram ragi/fermipan, 100 gram gula halus, 4 kuning telur, 200 gram kentang yang sudah dikukus lalu haluskan dan dinginkan di dalam suhu ruangan, 100 Ml air, 75 gram butter,  ½ sendok teh garam. Setelah semua bahan sudah ada maka sekarang waktunya untuk mengolah bahan-bahan tersebut.

  1. Langkah-langkah untuk membuat donat kentang

Siapkan wadah atau baskom, lalu masukkan terigu, gula, susu bubuk, dan ragi instan campur jadi satu dan aduk rata. Lalu masukkan kentang yang sudah dihaluskan, masukkan telur dan juga air es, setelah itu uleni sehingga adonan menjadi rata dan setengah kalis (tidak lengket).

Langkah selanjutnya ialah memberi mentega (butter) dan garam, uleni lagi sampai adonan kalis elastis. Setelah adonan kalis (tidak lengket di tangan Anda) maka diamkan adonan tersebut selama kurang lebih 20-35 menut, lalu bentuk adonan tersebut sesuai selera Anda.

Jika Anda memiliki cetakan donat akan lebih mudah dan praktis, namun jika tidak ada membentuk secara manual juga bisa menjadi pilihan menarik. Setelah dibentuk, diamkan adonan selama 20 menit, sampai adonan tersebut mengembang.

Selanjutnya goreng adonan tersebut ke dalam minyak dengan menggunakan api kecil ataupun sedang sampai berwarna kuning keemasan. Jangan sampai gosong, karena akan mengubah cita rasa donat kentang yang telah Anda buat. Angkat dan tririskan.

Diamkan sebentar agar donat lumayan dingin lalu beri toping sesuai keinginan Anda. Bisa gula halus, keju ,coklat, misis dan masih banyak lagi pilihan toping untuk resep donat kentang empuk Anda. Setelah itu silakan menikmati hidangan Anda.

Tips Agar Donat Kentang Semakin Lezat

Setelah membahas tentang resep donat kentang empuk. Di bawah ini ada beberapa tips agar donat Anda lebih nikmat dan mantap.

  1. Goreng dengan api sedang. Hal ini untuk menghindari donat gosong pada saat digoreng. Sehingga api sedang atau kecil bisa menjadi pilihan Anda untuk menjaga donat agar matang optimal.
  2. Goreng donat sesuai urutan yg pertama kali dibentuk agar tidak terjadi over fermentasi karena jika over fermentasi donat pada saat akan keriput jika diangkat dari penggorengan.
  3. Adonan harus kalis elastis agar keluar white ring-nya. Kalis elastis ialah ketika adonan donan tidak lengket lagi saat diuleni. Jadi akan mudah untuk membentuk adonan donat tersebut.
  4. Cukup sekali balik, agar donat tidak banyak menyerap minyak. Untuk memasak donat jangan sering membolak-balik donat. Selain donat akan pusing, akan banyak minyak yang akan terserap. Hal ini tentu tidak baik baik kesehatan Anda.

Demikianlah cara mengeksekusi resep donat kentang empuk yang dapat Anda coba. Agar lebih nikmat, jangan lupa perhatikan tips menggoreng donat kentang yang telah disebutkan di atas ya!

No comments.

Leave a Reply