Cara Memilih Mesin Kasir Sesuai Kebutuhan

Mesin Kasir

Mesin Kasir memang tak asing bagi kebanyakan orang, sudah banyak mesin untuk mencetak bukti pembelian yang dilakukan pelanggan sebuah toko, selain itu di zaman modern ini mesin kasir ini sudah berubah bentuk menjadi lebih kecil.

Selain sudah menjadi lebih ringan dan jauh lebih canggih, mesin kasir modern juga dapat melakukan berbagai fungsi dan perhitungan berdasarkan daftar nama dan harga semua barang yang telah dibeli, memproses kupon, menghitung pajak, diskon dan menentukan dengan tepat berapa banyak perubahan yang harus dibayarkan pelanggan. Beberapa fungsi dan perhitungan tersebut dapat membantu toko menjaga para pekerja tetap fokus pada layanan pelanggan dan menjaga agar jalur kasir tetap bergerak.

Dipasarn sendiri sudah banyak tipe mesin kasir yang dijual, dan dari berbagai macam type mesin kasir, diantaranya yang membedakan adalah sistem yang dimiliki mesin kasir tersebut. Semakin lengkap sistem yang dimiliki mesin tersebut, harganya akan semakin mahal. Dari sistem yang dimiliki mesin kasir kita bisa membedakan type level mesin kasir.

Untuk mesin kasir komputer standar biasanya terdiri dari seperangkat komputer (layar monitor, keyboard, dan CPU), Laci Uang (Cash Drawer), Barcode scanner untuk menscan kode-kode garis atau gambar pada produk yang dijual, printer untuk mencetak struk buat konsumen dan software atau program untuk menghitung otomatis transaksi, stok barang, persentase keuntungan, dan sebagainya.

Harga sebuah mesin kasir beraneka ragam, bergantung kualitas, merek, kompleksitas software, dan lainnya. Ada yang harganya tiga jutaan hingga ada pula belasan jutaan rupiah. Pemilihan mesin kasir disesuaikan dengan kebutuhan dan prospek usaha anda.

Untuk memilih mesin kasir seperti apa yang paling sesuai dengan kebutuhan, ada baiknya menentukan dulu jenis usaha apa yang akan digeluti, apakah semacam retail, restoran, hotel ataupun yang lainnya. Hal tersebut penting karena mesin kasir mempunyai jenis yang berbeda, untuk bisnis retail seperti mini market dan sejenisnya biasanya di butuhkan item (PLU/SKU) yang besar daya tampungnya. Selain itu ada jenis  Electronic Cash Register (ECR) merupakan mesin kasir elektronik yang mempunyai RAM terbatas, terakhir jenis computer kasir yang dikenal dengan Point of Sale (POS System) dimana kapasitas item yang tersimpan tidak terbatas karena penyimpanannya bukan di RAM tetapi di Harddisk seperti komputer pada umumnya.

Selain itu tentukan banyak mesin kasir yang akan digunakan karena hal tersebut juga menentukan tipe yang akan dibeli, jika hanya menginginkan satu mesin maka ECR sudah cukup mewakili. ECR sebenarnya tipe menengah ke atas yang sudah dapat disambungkan dengan barcode scanner dan umumnya memiliki (PLU) price looks up dengan kapasitas besar 5000 an PLU lebih baik standar maupun yang sudah di upgrade RAM nya.

Bagi para pebisnis retaiL seperti mini market dengan dana yang terbatas idealnya harus mempunyai dua mesih kasir yang jika terjadi jam-jam sibuk keduanya bisa digunakan bersamaan. Jika jam sepi maka mesin kasir yang satunya dapat digunakan untuk entri barang, melakukan perubahan harga, mengecek stok barang dan aktivitas lainnya. Melayani berbagai macam pembelian mesin kasir di Surabaya, Jakarta, Bali, Semarang, Bandung, Medan, Padang dan Seluruh Wilayah Indonesia lainnya. Info harga, spesifikasi, dan tanya jawab produk bisa Anda akses via link Toko Online Mesin Kasir.

Well, itulah tadi beberapa tips memilih mesin kasir yag sesuai dengan kebutuhan usaha anda.

 

No comments.

Leave a Reply