Cara Memilih Tenor KTA yang Sesuai

Keaadaan ekonomi yang semakin konsumtif membuat kita terkadang memilih harus menggunakan produk pinjaman bank dalam bentuk kredit. Kredit Tanpa Agunan seperti title-nya adalah jenis kredit dimana calon nasabah tidak dibebankan untuk memberikan agunan untuk mendapatkan dana kredit tersebut. Namun di sisi lain, kreditur akan menaikkan standar bunga untuk menutupi resiko kredit yang masa tenornya biasanya berjarak 12 hingga 60 bulan.

Pentingnya memilih bank yang tepat saat mengajukan KTA mungkin telah lumrah dipahami, namun pentingnya untuk memilih waktu tenor yang tepat juga akan berdampak pada keadaan finansial. Terlalu lama dan terlalu cepat dua-duanya akan memberikan denda meski bedanya adalah jika anda ingin melunaskan kredit anda sebelum jatuh tempo, denda yang diterima adalah denda percepatan pelunasan sementara jika anda gagal melunasi kredit yang tenornya terlalu pendek anda akan mendapatkan denda atau biaya penalti yang bunganya semakin berlipat. Jadi sudah jelas kan dimana letak pentingnya memilih tenor yang tepat? Oleh karena itu kami telah mengompilasi beberapa step penting yang perlu anda pikirkan sebelum memilih ternor KTA yang sesuai dengan kemampuan finansial anda.

Memilih Tenor KTA

Tenor dalam definisi singularnya adalah suara tertinggi dari laki-laki tapi masa tenor adalah masa atau durasi pinjaman yang disepakati antara pihak bank sebagai kreditur dan calon nasabah. Dimana pada tiap bulannya peminjam harus membayar cicilan yang telah ditentukan hingga berakhir masa tenornya. Tenor ini biasanya akan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial peminjam.

Masa tenor yang panjang akan menguntungkan bagi anda yang memiliki gaji yang kecil dan biasanya durasi yang panjang akan mengecilkan jumlah angsuran yang harus dibayarkan per bulannya. Sementara durasi masa tenor yang pendek akan menurunkan jumlah total pinjaman anda ke pihak kreditur dan lebih cocok untuk anda yang memiliki pekerjaan tetap dengan penghasilan yang diatas rata-rata.

Kedua-duanya memiliki kelebihan dan kecocokannya masing-masing. Namun akan ada hal yang perlu anda tanyakan pada diri anda sendiri sebelum memilih durasi tenor untuk KTA yang ada ajukan, dan faktor-faktor ini bersifat personal jadi pastikan anda yakin terlebih dahulu sebelum melangkah ke tahap berikutnya.

Pastikan Tujuan Penggunaan KTA

Pastikan anda memiliki tujuan penggunaan yang jelas. Bunga yang datang dengan KTA cukup besar dan anda harus memastikan bahwa anda telah benar-benar punya perencanaan untuk penggunaan dana pinjaman ini dengan tepat.

Simulasikan dan Bandingkan Produk KTA

Untuk menemukan pilihan terbaik anda harus terus membandingkan antara satu penawaran dan penawaran lainnya, dan setelah mendapatkan yang adna rasa adalah pilihan terbaik, segera simulasikan produk KTA ini dan aplikasikan kedalam keadaan finansial anda.

Cek Kondisi Keungan

Masa tenor yang kecil mungkin akan sangat menguntungkan namun pastikan terlebih dahulu anda memiliki kondisi keungan yang cukup capable untuk membayar angsuran bulanan yang lebih besar. Meminjam kata-kata anonim dalam dunia finansial : “ Lebih perlahan ketimbang terlambat”

 

 

 

No comments.

Leave a Reply