Cara Menghilangkan Plak Gigi Dengan Memanfaatkan Bahan Alami

Mengatasi plak pada gigi ini menjadi bisa dibilang susah-susah gampang. Gampang jika mengandalkan dokter gigi, namun akan sedikit susah jika dihilangkan dengan cara sendiri. Akan tetapi tidak ada salahnya jika kali ini Anda berusaha memanfaatkan bahan-bahan alami dalam cara menghilangkan plak gigi.

Cara Menghilangkan Plak Gigi

Plak gigi atau kalkulus gigi merupakan plak yang sudah mengeras dan menempel pada gigi. Karang gigi ini bisa terbentuk dari bawah gusi dan dapat memunculkan iritasi gusi. Karang gigi bisa memperluas area untuk plak berkembang dan bisa menjadi penyebab permukaan menjadi lebih lengket. Hal tersebut bisa membuat penyakit gigi yaitu radang gusi menjadi lebih parah lagi.

Munculnya karang gigi bisa mengurangi rasa percaya diri. Karang gigi bisa membuat bau mulut dan gigi yang menguning. Tentu ini akan membuat risih dan memunculkan rasa malu jika harus berbicara dengan orang lain karena bau mulut yang tidak sedap bisa membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Nah, jika Anda juga mengalami karang gigi dan ingin mengatasinya. Berikut ini beberapa cara menghilangkan plak gigi yang bisa Anda lakukan di rumah :

  1. Mengonsumsi buah dengan vitamin C

Vitamin C baik untuk kesehatan mulut, maka dari itu Anda bisa memakai buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C untuk pasta gigi.

Caranya mudah :

  1. Hancurkan terlebih dahulu buah hingga halus. Anda bisa menggunakan jeruk, stroberi, atau lemon.
  2. Celupkan pasta gigi, lalu sikat gigi seperti biasa selama 2 menit.

 

  1. Mengunyah daun sirih

Tentu Anda pernah melihat orang tua yang sedang mengunyah sesuatu? Sebenarnya yang mereka kunyah adalah daun sirih. Daun ini terkenal dengan khasiatnya untuk membersihkan karang gigi dan bau mulut yang tidak sedap.

Caranya mudah :

  1. Ambil selembar daun sirih, atau juga bisa ditambahkan dengan 1 batang cengkeh
  2. Haluskan namun jangan terlalu halus, lalu kunyah campuran tersebut.

 

  1. Mengonsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran diketahui mempunyai kandungan yang baik untuk tubuh, termasuk untuk mulut. Jika Anda sering mengunyah buah dan sayur dengan rutin, maka juga bisa menghilangkan karang gigi. Terutama untuk apel, melon, seledri, dan wortel. Selain untuk menghilangkan karang gigi, dengan mengonsumsi buah dan sayur, bau mulut juga bisa berkurang.

 

  1. Memakai kulit jeruk

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan kulit jeruk. Jeruk merupakan buah yang memiliki kandungan banyak vitamin dan juga nutrisi.

Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Sebelum memakai kulit jeruk ini, bersihkan dulu kulit jeruknya
  2. Jika sudah bersih, gosokkan langsung pada gigi
  3. Gosok hingga merata
  4. Diamkan selama semalaman, jangan langsung berkumur
  5. Kumurlah keesokan harinya
  6. Lakukan hal ini setiap hari menjelang tidur, agar mendapat hasil yang maksimal

 

  1. Menghilangkan karang gigi dengan baking soda

Cara untuk menghilangkan karang gigi dengan baking soda yaitu dengan membuatnya sebagai pasta gigi. Baking soda bisa memutihkan gigi dengan cepat. Dengan memakai baking soda juga bisa menjadi satu cara untuk menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras dan parah.

Caranya mudah :

  1. Ambil 1 sdm baking soda, tambahkan garam, lalu aduk hingga rata
  2. Lalu Anda bisa mencelupkan sikat gigi yang sebelumnya sudah dibasahi ke dalam campuran ini
  3. Sikat gigi seperti biasanya selama kurang lebih 2 menit, lalu kumur dengan air
  4. Anda bisa melakukan hal ini secara rutin agar hasilnya dapat maksimal

Demikian beberapa cara menghilangkan plak gigi yang dapat Anda terapkan di rumah. Memang membutuhkan waktu lebih lama hingga plak benar-benar hilang. Namun ini menjadi alternatif terbaik bagi Anda yang masih enggan pergi ke dokter gigi.

No comments.

Leave a Reply