Cek Harga Hewan Kurban: Berkurban Butuh Persiapan Matang

Harga Hewan Kurban GlobalQurban

Idul Adha yang diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah merupakan hari besar bagi umat muslim, di mana pada saat perayaan tersebut umat muslim dianjurkan untuk berkurban. Idul Adha bukan hanya tentang ibadah, melainkan juga memiliki tujuan kemanusiaan yang besar. Karenanya, jauh sebelum hari H banyak orang mencari tahu harga hewan kurban sebagai bekal atau perkiraan budget yang harus disiapkan guna menggenapkan ibadahnya.

Perlu diketahui, bahwa dari tahun ke tahun harga hewan kurban mengalami peningkatan sekitar 15 hingga 30 persen. Oleh karena itu, sebaiknya umat muslim yang hendak berkurban mempersiapkan kemampuan finansial jauh-jauh hari sebelum Idul Adha dan melebihkannya sedikit, untuk persiapan jika harga tinggi. Harga yang melonjak ini kemungkinan besar disebabkan oleh susahnya pakan ternak pada musim kemarau. Pakan ternak yang tadinya sudah bisa didapat dengan harga terjangkau menjadi tinggi harganya.

Kini, harga sapi kurban rata-rata sudah dijual mulai dari Rp 13 juta hingga mencapai Rp 23 juta. Sementara itu, kambing hanya sekitar Rp 1,8 juta hingga Rp 5 juta. Nilai tersebut bervariasi bergantung pada bobot hewan kurban. Semakin besar bobotnya, maka harga yang ditawarkan semakin melambung tinggi.

Bagi umat muslim yang memiliki dana lebih atau yang cukup mapan, berkurban bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Berbeda halnya dengan mereka yang memiliki keterbatasan finansial. Namun, jika sudah memiliki keinginan kuat untuk berkurban yang teguh dan kuat, sebetulnya siapa saja bisa melakukan ibadah ini. Satu-satunya cara yang dibutuhkan dan paling bisa menyelesaikan masalah ini adalah dengan perencanaan keuangan yang matang.

Idealnya, dana kurban dipersiapkan sejak satu atau dua tahun sebelum hari raya tiba. Anggaran untuk disisihkan dapat bersumber dari pendapatan tahunan, misalnya. Akan lebih baik lagi jika Anda mempunyai tabungan khusus untuk kurban. Pendapatan tahunan semacam ini bisa didapatkan melalui Tunjangan Hari Raya (THR), bonus, serta tunjangan lainnya. Jangan lupa membuat skala prioritas finansial agar pencatatan keuangan masuk dan keluar lebih jelas.

Jika dari pendapatan tahunan masih belum mencukupi dan belum bisa menutup kekurangan harga hewan kurban, maka aturlah strategi baru, misalnya dengan menyisihkan sebagian pendapatan pada setiap bulan. Lebihkan uang yang dikumpulkan sedikit melampaui target yang sebenarnya untuk berjaga-jaga kalau uang yang disiapkan kurang.

Jika ingin lebih praktis dan tidak merepotkan, cobalah berkurban melalui Global Qurban. Melalui program tabungan kurban, para calon pembeli tidak perlu dipusingkan lagi dengan dana kurban yang selangit. Sebab, Global Qurban memberikan penawaran harga hewan kurban istimewa. Apalagi, cara pemesanannya betul-betul memudahkan calon pembeli, yaitu bisa melakukan pemesanan secara online melalui www.globalqurban.com. Praktis bukan? Yuk berkurban!

No comments.

Leave a Reply