Es Teh Jawa, Minuman Yang Menyegarkan Di Segala Suasana

Indonesia merupakan negara yang kaya akan aneka ragam budayanya. Tidak hanya terkenal akan budayanya Indonesia juga terkenal akan keanekaragaman kulinernya, mulai dari sabang sampai merauke mempunyai makanan tersendiri disetiap wilayahnya. Salah satu yang jadi favorit adalah es teh Jawa.

Meski begitu, di Indonesia akhir-akhir ini sedang booming akan cita rasa makanan pedas. Banyak sekali pencinta kuliner Indonesia yang sengaja meluangkan waktunya untuk mencicipi makanan pedas yang berasal dari berbagai daerah. Ada satu kebiasaan yang tidak bisa lepas dari masyarakat Indonesia yaitu minum es teh setelah menyantap hidangan.

Es Teh Jawa

Es teh sendiri merupakan minuman yang sudah menjadi primadona oleh kebanyakkan masyarakat Indonesia. Perdaduan manis dari gula dan rasa pahit teh membuat es teh mempunyai daya tarik tersendiri di kebanyakkan lidah keluarga Indonesia.

Tidak hanya es teh yang menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia, ada kreasi es teh yang perlu kelurga Indonesia coba dirumah yaitu es teh Jawa. Apasih perbedaan es teh biasa dengan es teh jawa? Perbedaanya terletak dari bahan dasar pembuatannya, kalau es teh biasa hanya perpaduan dari gula, teh pahit dan es batu, sementara es teh Jawa, ada campuran asam jawanya.

Keluarga Indonesia penasaran cara membuat es teh Jawa yang sangat menyegarkan? Mari kita simak resep di bawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  1. Kantong teh celup (disesuaikan sesuai sesuai selera),
  2. Asam jawa matang (disesuaikan sesuai selera),
  3. Vanilla essence,
  4. Air mendidih untuk menyeduh teh celup sariwangi,
  5. Gula merah,
  6. Cengkih bubuk,
  7. Es batu,

Cara pembuatan :

  1. Seduh teh kedalam air yang mendidih. Tunggu sampai teh bercampur ke dalam air,
  2. Seduh gula merah dengan air panas,
  3. Masukkan asam jawa yang sudah dikupas, beserta vanilla essence, gula merah dan cengkih bubuk kedalam sebuah gelas,
  4. Tuang air teh ke dalam gelas yang telah bercampur dengan asam jawa, vanila essence, gula jawa dan cengkih bubuk,
  5. Tambahkan air dingin secukupnya atau jika ingin rasa tehnya lebih kental cukup seduhan teh saja. Aduk sampai merata teh dan campurannya,
  6. Lalu masukkan es batu secukupnya kedalam gelas,
  7. Sebagai pelengkap beri hiasan gelasa dengan buah asam. Dan es teh Jawa yang segar untuk segala suasana pun siap untuk dihidangkan.

Es teh Jawa dapat menambah rasa semangat dalam tubuh kita karena kesegarannya. Apalagi ditambah asam jawa dan cengkih yang telah terkenal sebagai bahan-bahan alami yang memiliki banyak manfaat. Penting bagi kita untuk mencoba resep ini agar dapat menikmati olahan minuman yang memanfaatkan bahan alami dan tentu saja menyehatkan.

No comments.

Leave a Reply