Fitur Tawaran Facebook untuk Mencegah Ketagihan Media Sosial

Berbulan-bulan setelah Mark Zuckerberg berbicara tentang “Melindungi komunitas kami lebih penting dari meningkatkan laba kami”, pihak Facebook nampaknya serius menunjukkan komitmen tersebut melalui produk Time Well Spent mereka.

Terkubur dalam aplikasi Android Facebook, perusahaan media sosial tersebut menyertakan versi awal dari fitur “Waktu Anda di Facebook”. Fitur ini menunjukkan jumlah waktu yang Anda habiskan di aplikasi Facebook di ponsel Anda selam a7 hari terakhir dan rata-rata waktu yang Anda habiskan setiap harinya. Fitur ini juga memungkinkan Anda mengatur pengingat harian yang akan memberitahu Anda setiap kali Anda melewati batas waktu yang sudah Anda tetapkan, ditambah pintasan untuk merubah pengaturan notifikasi Facebook Anda.

Fitur Waktu Facebook

Fitur ini diharapkan dapat membantu Facebook mengingatkan para pengguna waktu yang mereka habiskan di sosial media. Hal ini memang cukup menantang, apalagi jika ditambah antusiasme pengguna saat ada acara-acara penting sekelas Piala Dunia. Tak sedikit orang menghabiskan waktu berjam-jam di Facebook untuk mengikuti jalannya Piala Dunia atau sekadar berbagai prediksi atau yang dalam bahasa kerennya dikenal sebagai World Cup predictions and odds.

            Fitur ini penting maknanya bagi Facebook mengingat iOS dan Android juga meluncurkan fitur serupa yang akan memberitahu para pengguna daftar aplikasi yang paling banyak menyita waktu mereka. Bahkan, para pengguna dapat mengatur sistem agar secara otomatis keluar setelah mencapai batas waktu tertentu. Ketika Apple menunjukkan cara kerja fitur ini di WWDC, perusahaan sosial media tersebut mencontohkan Facebook sebagai aplikasi yang mungkin Anda gunakan terlalu lama.            

Nampaknya Facebook tertarik meluncurkan fitur ini setelah melihat fitur Usage Insight Instagram. Fitur ini digadang-gadang mampu membantu para pengguna Instagram untuk mengetahui durasi mereka bermain Instagram. Menurut Instagram sendiri, penting bagi mereka untuk memahami cara waktu di dunia maya mempengaruhi para penggunanya dan sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk menyampaikan informasi ini secara jujur.

Facebook sebenarnya telah melakukan perubahan pada algoritma Umpan Berita mereka yang dirancang untuk mengurangi jumlah video berkualitas rendah, namun viral. Hal ini berdampak pada menurunnya tingkat penggunaan Facebook untuk pertama kali di Amerika Utara pada kuartal ke-4 2017, dengan hilagnya 700,000 pengguna aktif di wilayah tersebut. Zuckerberg berujar bahwa kebijakan ini mengurangi waktu yang dihabiskan di Facebook selama 50 juta jam setiap hari.

Zuckerberg juga bersikukuh bahwa waktu yang dihabiskan pengguna di Facebook tidak selamanya buruk. Yang buruk hanyalah tindakan pengguna yang cenderung asosial, pasif, dan menonton video yang kurang bermanfaat. Sebaliknya, ia percaya, saling berbagi, berkomentar, dan mengobrol dapat menjadikan para pengguna lebih terhubung dan saling mendukung satu sama lain.

Namun, perbedaan tersebut tidak tampak pada prototipe fitur “Waktu Anda di Facebook Ini”, yang tampaknya memperlakukan semua waktu yang dihabiskan dengan cara yang sama. Jika saja Facebook mampu mengukur perbandingan waktu aktif dengan pasif kita saat menggunakan aplikasi mereka dan menekankan perbedaan manfaat kesehatan, hal ini dapat menggugah kita untuk mengurangi pemakaian aplikasi sosial media ini atau menggunakannya untuk berkomunikasi langsung dengan teman-teman kita, dibanding menghabiskan waktu kita hanya untuk menggeser layar terus menerus atau melihat foto para pengguna lain.

 

No comments.

Leave a Reply