Ingin Bangun atau Beli Rumah Sendiri? Wujudkan Impianmu dengan Rumah Minimalis

Rumah Minimalis

Rumah Minimalis

Bermimpi untuk memiliki sebuah rumah merupakan salah satu impian yang sangat indah. Mengimpikan hal tersebut juga sangat wajar karena memiliki sebuah rumah sendiri merupakan hal yang sangat didambakan oleh semua orang, terutama bagi orang yang aru saja menikah dan ingin segera keluar dari rumah mertua yang menurut mereka sangat menakutkan. Beberapa orang pun berpendapat bahwa dengan beli rumah sendiri, maka mereka dapat hidup dengan damai dan nyaman bersama keluarga kecilmereka.

Rumah yang dulu hanya dibangun dengan satu tujuan sebagai tempat berlindung, kini sudah bukan menjadi tempat hanya sekedar untuk berlindung. Rumah kini juga merupakan sebuah karya seni yang keindahan arsitekturnya dapat dinikmati oleh mata. Jika sudah menyangkut karya seni, pasti hal tersebut juga berkaitan dengan desain rumah yang populer di kalangan masyarakat. Salah satu desain yang aling terkenal akhir-akhir ini adalah desain rumah minimalis. Banyak orang yang membangun rumah mereka dengan menggunakan desain minimalis. Selain itu, desain minimalis ini juga merambah dunia jual-beli rumah. Entah itu jual rumah minimalis atau beli rumah minimalis di tahun seperti ini, orang akan dengan mudah tertarik. Akan tetapi, apa sebernarnya rumah dengan desain minimalis itu?

Desain minimalis merupakan sebuah desain rumah sederhana yang sebenarnya sudah ada sekitar tahun 1920. Sayangnya desain rumah tersebut tidak terlalu diminatioleh orang-orang karena desain kalah populer dengan desainlainnya.Barulah pada tahun sekitar 1990, rumah tersebut mulai berkembang dan menjadi populer pada tahun 2000-an. Jika dibandingkan dengan desain rumah sebelumnya yang boros karena menggunakan terlalu banyak ukiran, maka desain minimalis ini dipilih dengan tujuan untuk mengurangi penggunaan bahan bangunan yang dinilai terlalu boros. Pada desain minimalis ini pula, ornamen-ornamen yang tidak penting dihilangkan, kemudian digantikan oleh ornamen-ornamen yang lebih sederhana. Dengan seprti itu, tentu kita dapat menghemat pengeluaran kita terhadap pembelian oranamen dan bahan-bahan bangunan.

Hal lain yang harus Anda ketahui jika Anda ingin membangun atau belirumah dengan desain minimalis adalah Anda harus memahami benar seperti apa desain minimalis yang sesungguhnya. Langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengetahui ciri-ciri desain exterior dan desain interior dari rumah bergaya minimalis. Jika ditinjau dari segi desain eksterior, desain minimalis memiliki bentuk dan garis geometris yang didominasi oleh perulangan garis vertikal atau horizontal. Selain itu, rumah-rumah dengan desain minimalis memiliki jendela yang lebar. Jendela yang lebar tersebut ditujukan untuk memiliki pencahayaan yang baik untuk setiap ruangan. Jika dilihat bentuk atapnya, rumah dengan desain minimalis memiliki atap yang datar atau nyaris datar.

Dari segi desaininterior, rumah bergaya minimalis ini memiliki ornamen-ornamen yang memiliki ukiran yang tidak serumit ornamen-ornamen yang ada pada desain klasik atau mediteran. Begitu pun dengan perabotan-perabotan yang ada dalam rumah. Perabotan-perabotan yang ada dipakai biasanya perabotan dengan gaya yang sederhana, tegas, dan bahkan polos atau tidak memiliki ukiran. Selain itu, ruang-ruang yang dimiliki lebih terbuka karena dalam desain minimalis mengurangi adanya penyekat dinding antara ruang satu dengan ruang lainnya. Dalam desain ini pula sekitar dua sampai tiga warna diterapkan untuk membuat rumah bergaya minimalis ini tidak monoton.

Dengan mengetahui ciri-ciri rumah desain minimalis, Anda akan tahu hal-hal apa saja yang harus Anda perhatikan ketika ingin membangun atau beli rumah dengan desain minimalis. Jika Anda memilih untuk menggunakan desain minimalis, berarti Anda harus menerapkan juga desain tersebut untuk desain eksterior dan interior agar rumah Anda benar-benar terlihat benar-benar minimalis.

No comments.

Leave a Reply