Ingin Kuliah? Yuk, Kenali Sumber Dana Membayar Biaya Kuliah

Kuliah adalah salah satu cara agar kita dapat mencari jenis pekerjaan yang lebih baik. Kuliah juga dapat menjadi masa transisi menuju dunia dewasa yang sangat baik karena di sini Anda akan didik menjadi apa yang Anda inginkan sesuai dengan bidang yang Anda pilih. Kuliah biasanya menjadi titik balik kehidupan. Walaupun nantinya kita tidak menggeluti bidang yang kita pelajari dalam kuliah, namun, dengan melanjutkan sekolah ke universitas, Anda akan belajar banyak hal yang tidak Anda dapatkan di bangku sekolah selama ini. Selama Anda berusaha dan memiliki kemauan, Anda dapat melanjutkan kuliah dengan berbagai cara.

Hal yang paling menghambat banyak orang untuk kuliah adalah biaya. Biaya kuliah terkenal mahal terutama jika kita memilih jurusan tertentu seperti kedokteran, IT, dan sebagainya, atau di ingin bersekolah di universitas terkemuka. Anda tidak perlu khawatir, ungkapan ‘ada banyak jalan ke Roma’ juga cocok digunakan sebagai perumpamaan dalam mencari jalan untuk dapat meneruskan ke jenjang kuliah. Ada banyak sumber uang yang dapat Anda jadikan sebagai sumber dana kuliah. Berikut adalah ulasan mengenai berbagai sumber dana kuliah yang perlu Anda ketahui.

Doktor Rupiah

Biaya pribadi

Sumber biaya untuk kuliah pertama adalah biaya pribadi. Bagi Anda yang memiliki orang tua yang mapan, Anda tentunya tidak perlu khawatir dalam memilih jurusan dan universitas. Hal ini karena orang tua Anda akan mampu membayar biaya kuliah di tempat yang Anda pilih. Bagi Anda yang memiliki cukup biaya, memilih universitas dan jurusan yang diinginkan tentunya tidak akan terhambat biaya. Namun, ada juga orang tua yang siap membayai anak mereka kuliah namun dengan dana yang terbatas. Tentunya sebagai anak, Anda harus memilih universitas dan jurusan yang tepat sehingga tidak membebani orang tua terlalu berat. Misalnya menghindari masuk universitas swasta yang memiliki biaya kuliah mahal dan lebih memilih universitas negeri yang biaya kuliahnya jauh lebih murah. Hal tersebut dapat menjadi solusi untuk mendapatkan biaya kuliah yang lebih terjangkau.

Jika biaya sudah tidak perlu dipermasalahkan, hal yang mengganjal justru apakah Anda mampu secara akademik untuk memasuki jurusan di universitas yang Anda pilih. Ya, selain biaya, kemampuan akademik juga dibutuhkan. Hal ini terutama jika Anda ingin masuk di jurusan atau universitas favorit. Beberapa jurusan favorit biasanya menyelenggarakan seleksi yang sangat ketat karena banyaknya peminat. Misalnya saja jurusan akuntansi, kedokteran, teknik, dan sebagainya. Begitu juga dengan pilihan universitas, untuk universitas negeri, biasanya akan lebih sulit dimasuki karena banyaknya peminat dibandingkan dengan universitas swasta.

Beasiswa

Jika Anda tidak memiliki orang tua yang mapan atau mampu membayar biaya kuliah Anda, Anda tidak perlu khawatir, masih banyak jalan yang dapat Anda pilih. Jalan lain tersebut salah satunya adalah melalui beasiswa. Ya, ada banyak beasiswa yang tersedia bagi mereka yang ingin melanjutkan studinya di berbagai universitas baik dalam maupun luar negeri. Beasiswa tidak hanya diberikan pada mereka yang pintar saja, tetapi juga bagi mereka yang tidak mampu atau berada di daerah terpencil sesuai dengan jenis beasiswa dan syarat serta ketentuan yang berlaku. Adapun jenis beasiswa yang dapat kita coba secara umum dibagi menjadi dua sebagai berikut.

  1. Beasiswa pemerintah

Beasiswa pemerintah adalah beasiswa yang dikeluarkan oleh pemerintah. Ada banyak jenis beasiswa yang dikeluarkan oleh berbagai kementerian untuk mendukung mahasiswa yang ingin berkuliah. Kementerian riset dan pendidikan tinggi misalnya, mengeluarkan banyak beasiswa bagi mereka yang ingin kuliah mulai dari diploma, strata 1, strata 2, sampai dengan strata 3. Golongan beasiswa dapat berupa beasiswa bagi mereka yang tidak mampu seperti program bidik misi dan beasiswa bagi mereka yang berprestasi baik di bidang akademik, atlet, seni, dan non akademik lainnya. Kita juga dapat memperoleh beasiswa putra daerah bagi kandidat terpilih daerah untuk dapat melanjutkan studi ke universitas ternama di Indonesia. Jika Anda sudah bekerja pada instansi pemerintah, Anda juga dapat memperoleh beasiswa dari instansi pemerintah tersebut.

  1. Beasiswa swasta

Ada banyak juga beasiswa swasta yang siap mendanai mahasiswa yang memenuhi syarat dan ketentuan yang ditargetkan. Berbagai yayasan dan perusahaan mencoba untuk membantu mereka yang membutuhkan bantuan dana pendidikan untuk memajukan kesejahteraan bangsa. Yayasan dan perusahaan yang siap mendanai tidak hanya berasal dari dalam negeri saja, berbagai organisasi luar negeri juga memberikan banyak peluang untuk dapat melanjutkan studi baik di dalam maupun di luar negeri. Pembiayaan yang diberikan tidak hanya pembiayaan biaya studi saja, beberapa organisasi bahkan memberikan biaya tunjangan hidup sampai lulus.

Usaha

Jika Anda merasa sulit untuk mendapatkan beasiswa, cara lain yang dapat Anda pilih adalah mandiri secara finansial. Terlepas dari orang tua yang tidak mampu membiayai kuliah, Anda dapat menghasilkan uang sendiri untuk biaya kuliah Anda dengan membuka usaha. Jangan khawatir dengan ketersediaan modal. Ada banyak pinjaman uang tanpa kartu kredit dan doktor rupiah yang dapat Anda jadikan sebagai pinjaman modal usaha Anda. Pilih usaha yang sekiranya mampu Anda jalankan dan memiliki peluang besar untuk berkembang. Anda dapat menjadikan usaha Anda sebagai sumber biaya kuliah. Kuliah sambil menjalankan usaha akan sangat penting dalam membentuk fondasi kemandirian. Anda dapat mengembangkan bisnis yang sudah Anda jalankan selama kuliah menjadi lebih besar setelah lulus nanti. Anda tidak akan tersesat setelah lulus karena Anda sudah memiliki usaha yang mapan dan kuat.

Pinjaman

Selain dari tiga jenis sumber dana di atas, kita juga dapat menjadikan pinjaman sebagai sumber dana kuliah. Pinjaman dana kuliah mungkin belum wajar dilakukan di Indonesia. Namun, di beberapa negara, hal ini sudah sangat lazim dilakukan. Seorang calon mahasiswa mengajukan pinjaman biaya kuliah untuk dapat masuk ke universitas yang diharapkan. Pinjaman tersebut meliputi semua biaya yang dibutuhkan selama kuliah. Setelah lulus dan mendapat pekerjaan, kita dapat melakukan pembayaran pinjaman kita dengan cara angsuran atau langsung sesuai dengan kemampuan kita. Hal ini tentunya menjadi sebuah sistem yang cukup menguntungkan bagi mereka yang ingin bersekolah namun terhambat biaya. Sayangnya, sistem ini belum banyak dijalankan di Indonesia. Hal ini terutama karena pinjaman model ini akan memiliki resiko tinggi karena pengembaliannya yang memakan waktu sangat lama.

Nah, itu tadi 4 sumber dana kuliah yang dapat Anda peroleh. Selain biaya sendiri, Anda dapat mengandalkan beasiswa sebagai sumber dana kuliah Anda. Bagi Anda yang memiliki passion di bidang bisnis, Anda dapat kuliah sambil menjalankan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengajukan pinjaman jika memang tersedia. Jadi, Anda tidak perlu putus asa jika tidak memiliki biaya untuk kuliah, masih ada banyak cara lain yang dapat digunakan untuk dapat membiayai kuliah Anda. Tetap semangat!

No comments.

Leave a Reply