Ini Metode Pengadaan Barang B2B yang Biasa Digunakan

Metode pengadaan barang dan jasa untuk keperluan kantor dan perusahaan saat ini memang banyak yang bisa kamu terapkan. Tentu saja, di antara semua metode itu, baiknya kamu memilih metode pengadaan barang B2B yang bisa mempermudah dan mempercepat proses pengadaan barang tersebut. Ini dia beberapa metode pengadaan barang yang biasa digunakan!

pengadaan barang b2b
Pengadaan Barang B2b Mbizmarket

1. Pengadaan Barang B2B Secara Langsung

Metode pertama yang biasa digunakan adalah metode pengadaan secara langsung. Metode ini biasanya diterapkan perusahaan sesuai dengan kebutuhannya. Pengadaan barang dengan cara ini biasanya akan berakibat pada operasional dan berkelanjutan ke proses produksi. Selain itu, pengadaan langsung ini pada umumnya dilakukan dalam jangka waktu yang sering dan rutin.

Oleh sebab itu, biasanya dana yang diperlukan untuk pengadaan langsung ini tergolong besar. Dengan begitu, pengontrolan yang dilakukan juga wajib ketat untuk memastikan semua hal berlangsung dengan baik. Selain itu, kondisi supplier atau pemasok juga wajib diperhatikan untuk mendapatkan barang yang terbaik.

2. Pengadaan Barang B2B Secara Tender

Metode lain yang biasa digunakan adalah metode tender. Cara ini adalah yang paling sering dilakukan perusahaan dan kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan vendor guna mengajukan penawaran pengadaan barang dan jasa. Saat ini, sudah tersedia sistem e-tendering yang bisa mempermudah kamu dalam pembukaan tender.

Sistemnya sama dengan tender secara manual dan perbedaannya hanya terletak pada penggunaan internet untuk pendataan dan operasional saja. Sistemnya, setiap vendor harus mengirimkan barang atau jasa yang dilengkapi dengan detailnya pada perusahaan pembuka tender.

3. Pengadaan Barang B2B  Secara Request for Proposal

Metode lain adalah request for proposal. Metode ini biasanya diterapkan oleh sebuah perusahaan sesuai dengan kondisi dari perusahaan itu sendiri. Pada umumnya, pengajuan proposal ini sangat berkaitan dengan pekerjaan jasa. Proposal akan ditujukan ke berbagai vendor yang dinilai memenuhi kriteria.

Dari sekian banyak proposal yang disebar, nantinya vendor yang tertarik untuk bekerja sama akan melakukan penawaran secara detail. Jika ada beberapa vendor yang melakukan penawaran, maka pihak penyebar proposal bisa memilih yang mana vendor terbaik. Lalu, dilakukanlah penandatangan kontrak kerja sama untuk pengadaan barang dan jasa itu.

4. Pengadaan Barang B2B  Vendor Tunggal

Metode pengadaan barang dan jasa yang satu ini sebenarnya yang paling jarang dilakukan. Sebab, metode ini baru bisa dilakukan dalam kondisi dan situasi tertentu saja. Misalnya dalam keadaan darurat yang mana hanya ada satu vendor saja yang memenuhi persyaratan teknis.

Perusahaan hanya mampu mendapatkan barang dari vendor tersebut dan biasanya harga yang ditentukan memang lebih mahal dari metode procurement yang biasa. Namun, cara ini juga tetap memerlukan persetujuan dari pihak manajemen. Pertimbangan matang juga harus dilakukan sepenuhnya untuk mendapatkan yang terbaik.

Mana metode yang biasa kamu gunakan untuk perusahaan atau bisnismu? Manapun yang kamu pilih, kamu bisa memanfaatkan Mbizmarket untuk memenuhi segala kebutuhan bisnis kamu. Mbizmarket solusi pengadaan online no 1 di Indonesia karena menyediakan puluhan ribu barang dari ribuan vendor terbaik dan terpercaya di Indonesia. Jadi, kamu bisa tenang.

No comments.

Leave a Reply