Warning: include_once(/var/www/vhosts/medianya.com/tercanggih.com/wp-content/plugins/wp-optimize//includes/updraftcentral.php): failed to open stream: No such file or directory in /var/www/vhosts/medianya.com/tercanggih.com/wp-content/plugins/wp-optimize/wp-optimize.php on line 53 Warning: include_once(): Failed opening '/var/www/vhosts/medianya.com/tercanggih.com/wp-content/plugins/wp-optimize//includes/updraftcentral.php' for inclusion (include_path='.:/opt/alt/php70/usr/share/pear') in /var/www/vhosts/medianya.com/tercanggih.com/wp-content/plugins/wp-optimize/wp-optimize.php on line 53 Inilah 9 Manfaat Pijat Bayi yang Jarang Diketahui Para Bunda | Tercanggih

Inilah 9 Manfaat Pijat Bayi yang Jarang Diketahui Para Bunda

Pijat bayi adalah massage yang ringan untuk merelaxasikan tubuh bayi setelah banyak melakukan aktivitas yang melelahkan. Tubuh bayi masih sangat mungil dan rentan capek sehingga, pemijatan lembut perlu diberikan pada bayi.

Pemijatan pada bayi bisa dilakukan sebelum atau setelah bayi dimandikan. Meskipun pemijatan pada bayi hanya dilakukan dengan pijatan yang sangat ringan namun hal ini bisa memiliki pengaruh yang besar terhadap kualitas tidur bayi.

Pijat Bayi

Foto : Zwitsal

Memijat dapat Bunda lakukan dengan hati-hati dan penuh kelembutan. Lakukan dengan mengajak bayi berbicara atau sedikit bernyanyi supaya saat bayi dipijat ada hiburan yang dapat membuat bayi tersenyum-senyum pada Anda.

Pijatan lembut memberikan manfaat positif bagi si buah hati

Ternyata pijatan lembut bisa membuat ikatan batin Anda dengan buah hati terasa lebih dekat. Selain itu, berikut adalah manfaat yang akan dirasakan si kecil usai dipijat.

  1. Kualitas tidur semakin nyenyak atau pulas
  2. Membuat buah hati relax
  3. Bayi jarang menangis
  4. Rasa sakit saat gigi bayi mulai tumbuh dapat berkurang
  5. Mampu meningkatkan sirkulasi dalam darah
  6. Berat badan menjadi naik
  7. Pencernaan menjadi lebih lancar
  8. Perkembangan fisik, mental dan sosial semakin meningkat
  9. Jika bayi sakit, pijat bayi bisa berpengaruh terhadap kesembuhan yang lebih cepat.

Pada saat memijat bayi, maka perlu adanya persiapan seperti, memastikan suhu ruangan hangat, tenang dan santai. Kemudian, Bunda bisa menyiapkan peralatan bayi seperti handuk, minyak khusus untuk menggosok kulit bayi dan alas bayi atau tatakan.

Langkah-langkah pemijatan bayi

Mulailah pijatan dari tungkai atau pangkal paha menuju ke arah bawah hingga ke area betis. Tuang sedikit minyak dan lakukan pijatan lembut, area ini dirasa bukan area yang paling sensitif sehingga, sangat bagus untuk dimulainya pemijatan.

Lanjutkan dengan pemijatan punggung kaki dengan gerakan memutar. Bunda juga bisa melakukan usapan ringan pada pergelangan kaki menuju jari-jari kaki. Lanjutkan ke bagian telapak kaki menggunakan ibu jari Bunda.

Usai pemijatan pada area kaki, Bunda bisa memijat lengan bayi hingga ke pergelangan tangan. Bunda dapat memutar lembut dan lakukan pijatan ringan pada jari-jari bayi. Letakkan kedua tangan di bagian jantung si buah hati dan tekan lembut dan pijat ke arah luar. Ulangi hingga beberapa kali hingga pemijatan bagian atas dada sampai arah paha.

Pada bagian punggung bayi Bunda bisa membuat bayi tengkurap dan pijatlah mulai area belakang leher hingga ke bokong. Dan akhiri dengan pijatan yang panjang dari arah bahu hingga kaki. Setelah selesai, pakaikan popok bayi dan biarkan ia terlelap.

Sebaiknya, Bunda menghindari pijat bayi saat tertidur, biarkan ia istirahat yang cukup dan nyaman. Lakukan pemijatan bayi di waktu sebelum atau sesudah dimandikan. Jangan lupa menggunakan baby oil setiap kali pemijatan supaya, Bunda lebih mudah memijat dan aromanya dapat membuat bayi menjadi lebih relax.

No comments.

Leave a Reply