Inilah Kisaran Harga Hewan Qurban Termurah Saat Ini

Daftar Harga Qurban 2017 Sapi Kambing

Beribadah demi bisa mengharapkan ridho Allah SWT adalah ibadah yang utama. Bentuk ibadah pun banyak sekali ragamnya mulai dari shalat, puasa, sedekah hingga berqurban. Sebentar lagi Idul Adha akan menyapa, tentunya banyak orang yang sudah mempersiapkan diri untuk bisa berqurban. Untuk berqurban, Anda bisa memilih jenis hewan yang sesuai dengan anggaran keuangan. Untuk hewan qurban yang paling umum di Indonesia adalah kambing dan sapi.

Sudah bukan hal yang aneh lagi jika dalam masa menjelang berqurban nanti, kenaikan harga untuk setiap hewan qurban tidak dapat dielakkan lagi. Biasanya harga hewan qurban termurah pun tetap naik paling tidak 10% hingga 30% dari harga tahun lalu. Inilah alasan mengapa banyak orang kerap keberatan dalam melakukan qurban yaitu lantaran harga yang terus naik. Untuk kisaran harga hewan qurban yang termurah hingga yang termahal biasanya diklasifikasikan menjadi 3 kelas. Kelas ini nantinya akan menentukan bobot hewan qurban, kualitas dan ukurannya sehingga sesuai harga.

Nah, bagi Anda yang ingin membeli, berikut ini kisaran harga hewan qurban berdasarkan kelasnya, diantaranya:

1. Harga kambing

Untuk harga kambing, ada yang di kisaran satu jutaan hingga 3 jutaan sesuai kelasnya. Dimulai dari harga kambing kelas terbaik atau kelas A dengan bobot 40 kg hingga lebih yang kini dibanderol dengan harga 3,5 juta sampai 4,5 jutaan. Selanjutnya untuk kelas menengah yaitu kambing kelas B dengan bobot 25 kg hingga 35 kg dibanderol dengan harga 2,5 juta sampai 3 jutaan. Yang termurah adalah kambing kelas C dengan bobot 20 kg sampai 25 kg dan dibanderol dengan harga 1,8 juta sampai 2,2 jutaan.

2. Harga sapi

Harga sapi secara umum berbeda-beda sesuai jenisnya. Sapi sendiri ada bermacam jenis, namun secara umum daftar harga sapi yang termahal untuk sapi kelas A yang memiliki bobot di kisaran 450 kg atau dibanderol dengan harga 36 jutaan. Sedangkan untuk sapi kelas menengah yaitu sapi kelas B yang memiliki bobot di kisaran 400 kg dibanderol dengan harga 30 jutaan. Dan untuk kualitas sapi terakhir atau kelas C yang memiliki bobot di kisaran 350 kg dibanderol dengan harga 26 jutaan. Ada juga sapi yang masih dihargai mulai belasan juta yang bisa dipilih, namun bobotnya hanya sekitar 100 kg lebih saja.

Itulah kisaran harga kambing dan sapi yang umum saat ini. Nantinya kualitas kesehatan dan tubuh kambing serta sapi itu juga akan menentukan harga dari hewan qurban itu sendiri. Namun dengan adanya pandangan harga, maka setidaknya Anda bisa menentukan berapa uang yang harus ditabung bukan?

No comments.

Leave a Reply