Inilah Manfaat Mendengarkan Lagu Sedih “Galau”

Manfaat Mendengarkan Lagu Sedih – Sebagian dari kawan mungkin lebih menyukai musik dengan nuansa sedih galau ketimbang lagu ceria menghentak, terlebih saat merasa galau atau sakit hati. Ternyata musik sedih atau musik klasik slow memiliki manfaat positif bagi emosi kita jika kita sering mendengarkan.

Manfaat Mendengarkan Lagu Sedih

Manfaat Mendengarkan Lagu Sedih

Para peneliti dari jepang menemukan penemuan yang mengungkap manfaat dari mendengar lagu galau yang sering kita dengarkan. Seperti Medianya News kutip dari detikHealth Sabtu (13/7/2013). Menurut para peneliti tersebut dengan mendengarkan musik yang sedih dapat membangkitkan emosi positif dalam diri kita.

Jurusan Seni Tokyo University melakukan penelitian bersama RIKEN Brain Science Institute ini dilakukan oleh Ai Kawakami dan teman-temannya. Dalam penelitian tersebut mereka membawa 44 sukarelawan yang terdiri dari masyarakat awam dan musisi mereka disuruh mendengarkan musik gembira dan sedih.

Musik sedih yang diperdengarkan antara lain ‘La Separation’ dari Glinka yang dimainkan di F minor, serta Etude ‘Sur Mer’ dari Blumenfeld yang dimainkan di G minor. Kemudian para sukarelawan ini diminta untuk menggunakan seperangkat kata kunci untuk menilai persepsinya tentang musik dan keadaan emosional yang ada di benak mereka.

Sedangkan musik bernada ceria atau gembira yang diperdengarkan adalah Allegro de Concierto yang dimainkan di G major. Funsgsinya untuk mengontrol efek bahagia dari kunci mayor, diperdengarkan juga beberapa potong kunci minor. Sebaliknya saat dimainkan musik di kunci minor, disertakan pula potongan musik dari kunci mayor.

Manfaat Positif Musik Sedih

Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah:

  1. Musik sedih mampu membangkitkan emosi yang berlawanan. Hal ini karena para peserta penelitian cenderung merasa musik sedih lebih tragis, kurang romantis, dan kurang gembira ketimbang kondisi mereka saat mendengarkan musik tersebut.
  2. Umumnya musik sedih menginduksi kesedihan pendengar. Nah, kesedihan dianggap sebagai emosi yang tidak menyenangkan.
  3. Jika musik sedih hanya membangkitkan emosi yang tidak menyenangkan, tentu tidak ada yang mau mendengarkan. Tapi ternyata ditemukan bahwa musik yang dianggap sedih sebenarnya juga menginduksi emosi romantis dan membangun suasana positif. Inilah yang kemudian membuat beberapa orang menyukai alunan musik sedih.

No comments.

Leave a Reply