Jenis Anak Alergi yang Harus Anda Ketahui

Alergi Pada Anak

Alergi merupakan sebuah kondisi yang dimana tubuh mempunyai respons berlebihan pada sebuah zat seperti bahan kimia, obat dan makanan. Alergi ini sebenarnya tidak hanya terjadi oleh anak-anak, namun kebanyakan anak bayi alergi terbawa hingga ia dewasa. Ini lah sebabnya ketika kita masih anak-anak, dan kita mengalami alergi, ada beberapa persen kemungkinan bila nantinya saat dewasa kita mengalami alergi tersebut lagi.

Di keadaan yang normal, pada dasarnya tubuh manusia bisa melawan virus atau bakteri yang sudah masuk di dalam tubuh. akan tetapi sayangnya sistem kekebalan tubuh malah tidak dapat melawan serangan zat yang terlalu berbahaya. Zat yang terlalu berbahaya contohnya debu dan jamur. Ada berbagai macam jenis alergi yang bisa menimpa buah hati kita. Lantas bagaimana cara menyadarinya jika anak kita terkena alergi?

Berikut jenis alergi yang sering menyerang anak kita, antara lain:

•    Sengatan serangga. Beberapa anak yang mengalami sengatan serangga, tubuh yang terserang serangga ini bisa saja menjadi bengkak, kemerahan bahkan gatal. Namun untuk mereka yang alergi terhadap sengatan serangga, gejala yang muncul bisa semakin parah dibandingkan dengan hal tersebut, serangan serangga ini bisa memicu anafilaksis yang dapat mengancam jiwanya,
•    Alergi musim. Alergi musim dapat muncul jika anak tidak tahan pada cuaca dingin atau panas. Gejala yang bisa timbul karena alergi hampir sama dengan alergi yang lain, yang menjadi pembeda hanyalah pemicunya saja,
•    Hewan peliharaan. Alergi ini terjadi jika hewan peliharaan Ana di dalam rumah.
•    Alergi makanan. Dari seluruh alergi, alergi inilah yang sering terjadi. Biasanya alergi makanan yang sering terjadi seperti gandum, susu, telur, ikan dan kacang-kacangan.

Apabila alergi susu pada anak sudah begitu parah, sangat disarankan Anda segera membawanya ke dokter agar bisa memperoleh penanganan yang lebih lanjut. Nantinya dokter akan memberikan berbagai macam obat untuk menghentikan efek alergi yang terjadi padanya. Walaupun sekedar alergi, jangan sampai Anda mengabaikannya, karena alergi ini juga bisa semakin parah. Jadi, jangan sampai alergi membahayakan nyawa buah hati Anda.

No comments.

Leave a Reply