Kapok Menghadapi Overheat pada Mobil? Ini Cara Mencegahnya!

 

Asuransi Mobil Terbaik Futuready

Punya pengalaman menjengkelkan dengan mobil bermasalah?

Mobil yang mogok tiba-tiba memang menyebalkan. Karena aktivitas kita pasti terganggu dan waktu kita jadi tersita. Salah satu penyebab mobil mogok yang paling umum adalah kondisi overheat (peningkatan temperatur berlebihan). Ketika mengalami overheat, biasanya mobil harus didiamkan dalam waktu lama. Jika sudah kapok menghadapi overheat pada mobil kesayangan, kita wajib mencegahnya dengan melakukan beberapa cara ini:

Memeriksa Kondisi Radiator

Komponen radiator memegang peranan penting pada sistem pengaturan temperatur mobil. Oleh sebab itu, kita wajib memeriksa kondisi radiator secara berkala. Bagian upper tank dan lower tank-nya harus dicek untuk memastikan bahwa tidak ada yang bocor. Biasanya komponen upper tank dan lower tank yang terbuat dari plastik cenderung lebih cepat rapuh dan mudah bocor hingga menimbulkan overheat.

Mengecek Kondisi Sistem Pendingin Mobil

Tak banyak orang yang tahu bahwa sistem pendingin mobil juga memegang peranan penting dalam pengaturan temperatur mobil. Kalau sistem pendingin mobil sedang bocor, kemungkinan besar mobil akan lebih mudah overheat dan mogok. Kita harus lebih sigap mengatasi kerusakan pada sistem pendingin mobil. Sehingga kondisi temperatur mobil menjadi lebih stabil dan minim risiko overheat.

Menggunakan Produk Radiator Coolant Berkualitas

Kita tidak disarankan mengisi tangki radiator dengan air biasa. Karena air akan bereaksi dengan logam dan mengikis kandungan logam tersebut. Oleh sebab itu, penggunaan radiator coolant berkualitas sangat penting untuk menjaga kualitas komponen radiator. Sehingga saluran radiator pun menjadi lebih bersih dan tak rentan berkerak. Temperatur mobil akan relatif stabil jika kondisi radiator senantiasa baik.

Memastikan Bahwa Jumlah Oli Masih Mencukupi

Selain radiator, kondisi dan jumlah oli juga akan mempengaruhi pengaturan temperatur mobil secara keseluruhan. Karena oli berfungsi untuk melumasi komponen-komponen pendingin mobil. Sebaiknya kita memeriksa jumlah oli secara teratur. Gantilah oli setiap 3 bulan sekali untuk memaksimalkan performa mobil kita.

Nanti kita tak perlu khawatir lagi dengan kondisi mobil jika kita sudah teliti memeriksanya secara teratur. Selanjutnya, serahkan proteksi mobil pada pilihan asuransi mobil terbaik dari Futuready. Supermarket asuransi yang satu ini sudah menyiapkan aneka jenis asuransi mobil yang bebas kita pilih sesuai kebutuhan. Bersama Futuready, menentukan asuransi mobil jadi kian praktis dan menyenangkan.

No comments.

Leave a Reply