Kontroversi e-KTP Rusak Difotocopy ?

Kontroversi e-KTP Difotocopy – Surat mendagri (Kemendagri) soal kerusakan chip pada e-KTP akibat eKTP yang fotocopy berulang kali ternyata justru mendapat tanggapan sebaliknya dari praktisi IT.

Kontroversi Ektp 2013
Kontroversi Ektp 2013

Praktisi IT Security Gildas Deograt Lumy menilai sinar mesin fotokopi tidak menyebabkan data yang terdapat dalam chip e-KTP akan hilang dan rusak.

a€œKalau menurut saya, mesin fotokopi tidak menyebabkan data pada e-KTP hilang,ujar Gildas seraya menambahkan bahwa sinar pada fotocopy adalah sinar biasa. a€œKalau distaples kemudian terkena pada chip di e-KTP, maka itu akan membuat data rusak,a€ tambahnya, Selasa (7/5/2013).

Namun, dia belum dapat memastikan apakah hal itu disebabkan material atau bahan dari e-KTP yang kurang berkualitas atau memang sinar fotokopi membuat e-KTP rusak.

Gildas menegaskan jika e-KTP distaples dan terkena pada chip, maka dipastikan akan merusak data-data yang terdapat dalam e-KTP tersebut.

Dalam e-KTP terdapat chip yang memuat biodata, pas photo, tanda tangan dan sidik jari penduduk, sehingga e-KTP tidak dimungkinkan lagi dipalsukan atau digandakan.

Dia menambahkan, sinar pada mesin fotokopi juga sama dengan pada scanner.

No comments.

Leave a Reply