Macam-macam Persyaratan dalam Mengajukan Surat Lamaran Kerja

lowongan kerja bekasi

lowongan kerja bekasi

Mengajukan lamaran kerja merupakan suatu hal yang harus dilakukan oleh semua orang yang ingin mendapatkan pekerjaan. Surat lamaran ibarat permohonan kerja yang dibuat oleh pelamar untuk menunjukkan kualitas diri dan kemampuan yang dimilikinya. Karena itulah mengajukan surat lamaran merupakan tahap awal yang menjadi pertimbangan bagi setiap perusahaan dalam menerima dan mempekerjakan karyawan baru yang akan bergabung dalam perusahaan. Dengan kata lain, Anda tidak akan memperoleh pekerjaan yang Anda inginkan jika tidak mengajukan surat lamaran yang sesuai dengan persyaratan dari pihak perusahaan.

Semua lowongan pekerjaan, mulai dari lowongan di Jakarta, Tangerang, lowongan kerja Bekasi dan lainnya mewajibkan para pelamar untuk mengajukan surat lamaran lengkap dengan persyaratan yang sudah ditetapkan dari pihak perusahaan. Hal ini dijadikan sebagai bentuk pertimbangan atas standar tertentu yang telah ditentukan oleh pihak perusahaan dalam mencari dan memilih karyawan yang kompeten dan berkualitas sesuai dengan posisi yang tersedia. Dengan adanya persyaratan yang menjadi penentu kualitas seorang calon karyawan, maka seleksi karyawan baru dapat dilakukan dengan mudah.

Dalam mengajukan lamaran, Anda harus memastikan bahwa Anda masuk dalam kriteria calon karyawan yang dibutuhkan. Biasanya, salah satu faktor persyaratan yang ditentukan oleh pihak perusahaan dalam membuka suatu lowongan pekerjaan adalah berdasarkan gender atau jenis kelamin. Untuk bidang pekerjaan tertentu seperti pekerjaan lapangan yang berat, driver dan lainnya, biasanya lowongan diberikan khusus untuk pria. Sedangkan untuk wanita, pekerjaan yang ditawarkan biasanya seperti sales, pramuniaga, customer service, administrator dan beberapa jenis profesi lainnya. Namun beberapa posisi pekerjaan juga seringkali ditawarkan untuk siapa saja, baik laki-laki ataupun perempuan.

Selain dari faktor jenis kelamin, faktor usia juga menjadi pertimbangan bagi pihak perusahaan dalam menerima karyawan. Usia-usia produktif mulai dari 20 hingga 30 tahunan menjadi salah satu persyaratan yang diberikan oleh perusahaan karena pada usia tersebut, seseorang dalam masa semangat kerja dan produktivitasnya di atas rata-rata. Dengan merekrut orang-orang yang memiliki tingkat produktivitas tinggi, tentu saja akan menghasilkan banyak keuntungan bagi perusahaan itu sendiri. Selain itu, jenjang pendidikan akhir dan pengalaman kerja juga menjadi ketentuan tersendiri yang ditetapkan oleh perusahaan memilih karyawan. Karena biasanya lulusan SMA, SMK, D3 atau sarjana membedakan posisi yang ditawarkan.

Apabila Anda sudah yakin dengan lowongan pekerjaan yang tersedia, maka segera ajukanlah surat lamaran secara lengkap sesuai semua persyaratan yang ditentukan. Macam-macam persyaratan untuk melamar pekerjaan yang harus Anda siapkan antara lain:

  1. Surat lamaran atau permohonan kerja. Sesuaikanlah format surat yang ditentukan, misalnya ditulis tangan atau diketik memakai komputer dan lainnya.
  2. Daftar riwayat hidup. Cantumkan semua hal berupa data identitas dan riwayat hidup Anda dalam CV tersebut.
  3. Fotokopi ijazah. Ijazah yang dilegalisir diperlukan sebagai bukti riwayat pendidikan Anda.
  4. SKCK dan surat kesehatan.
  5. Fotokopi KTP, pas foto dan sertifikat pengalaman kerja bila dibutuhkan.

Setelah semua persyaratan dipersiapkan, jangan lupa untuk masukan surat lamaran dan dokumen ke dalam amplop secara rapi sesuai ketentuan perusahaan supaya pengajuan lamaran lebih berkesan dan bisa diajukan sekaligus diterima dengan baik oleh pihak perusahaan. Apabila persyaratan melamar lowongan kerja terbaru dipenuhi secara keseluruhan, maka tahap seleksi administrasi telah berjalan dengan lancar. Kemudian, tahap selanjutnya dapat Anda ikuti dengan maksimal dan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan semakin besar.

No comments.

Leave a Reply