Manfaat Layanan Fintech Indonesia Yang Perlu Diketahui

Seiring berjalan waktu, gaya hidup masyarakat cenderung lebih meningkat dari waktu ke waktu. Ditambah lagi dengan adanya kemudahan akses teknologi. Semenjak adanya teknologi yang menggabungkan layanan keuangan dengan teknologi, layanan fintech menjadi semakin diminati dan terus berkembang. Lalu, apa saja sebetulnya keuntungan dari layanan fintech di indonesia bagi kehidupan kita sehari-hari?

Fintech

Mempermudah Konsumen Dalam Urusan Perbankan

Berapa banyak orang yang saat ini sangat malas pergi ke bank hanya untuk tarik tunai atau sekedar mengganti pin ATM? Dengan adanya teknologi mobile banking yang diberikan oleh setiap perusahaan perbankan, hal ini mempermudah konsumen dalam berbagai urusan perbankan, seperti transfer tunai, cek mutasi rekening bahkan membuat akun rekening baru. Teknologi financial ini sangat berguna bagi banyak orang khususnya yang tidak punya banyak waktu untuk melakukan urusan perbankan.

Baca Juga : Tips Mengembangkan Bisnis Fintech dengan Modal Ventura

Mempermudah Urusan Dalam Saham Dan Asuransi

Tidak hanya dalam urusan perbankan, ternyata untuk urusan saham dan asuransi pun teknologi fintech sangat berperan disini. Target pasar dari saham dan asuransi ini sudah mulai merambah ke generasi millenial, sehingga keberadaan fintech diharapkan dapat mempermudah para millenial untuk  memahami dan ikut berperan dalam instrumen investasi yang satu ini.

Sebagai Alat Pembayaran Yang Praktis

Dengan adanya teknologi e-money, kini kita tidak perlu lagi ribet untuk selalu sedia uang cash di dompet. Saat ini sudah banyak sekali alat transaksi digital yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran apapun, mulai dari membayar makanan di kedai restoran atau merchant tertentu, membayar tagihan pulsa, listrik, hingga asuransi kesehatan BPJS hingga membayar parkir sekalipun.

Berperan Dalam Demokrasi Finansial

Gerakan demokrasi finansial yang dimaksud adalah bagaimana mengajak orang-orang di dunia ini untuk lebih melek akan dunia finansial yang tentunya lebih luas dari hanya sekedar dunia perbankan saja. Ada kalanya pada zaman sebelum berkembang fintech, hanya segelintir orang saja yang benar-benar ikut berperan dalam demokrasi finansial ini. Dengan adanya fintech, siapapun bisa ikut berperan dalam berbagai kebutuhan finansial selain menabung, seperti budgeting, investasi, pinjam meminjam dan masih banyak lagi.

Dengan adanya layanan fintech ternyata tidak hanya mampu mempermudah gaya hidup masyarakat, namun juga secara tidak langsung membantu meningkatkan pertumbuhan startup di indonesia. Dengan kata lain, fintech indonesia berkonstribusi juga dalam peningkatan lapangan kerja dan juga pertumbuhan ekonomi.

No comments.

Leave a Reply