Mengenal Aneka Jenis Gergaji Perkakas Tangan

Gergaji merupakan salah satu alat kerja perkakas tangan yang memiliki fungsi untuk memotong benda kerja seperti kayu, triplek, besi, pipa, dll. Setiap material yang dipotong tentunya menggunakan jenis gergaji yang berbeda anatara satu dengan yang lainnya.

Maka dari itu sebelum Anda membeli gergaji atau mengerjakan sesuatu perhatikan dulu alat yang Anda gunakan, karena kalau sampai salah memfungsikan bisa membuat benda kerja malah menjadi rusak atau potongannya tidak sempurna.
Jenis – Jenis Gergaji Perkakas Tangan Manual

Gergaji Handsaw

Gergaji Handsaw
Gergaji handsaw atau ripsaw ini adalah jenis perkakas tangan yang digunakan untuk memotong kayu. Gergaji handsaw dirancang untuk memotong kayu dengan urat kayu searah. Mata gergaji handsaw berukuran besar dan jika mata gergaji sudah mulai merasa tumpul Anda bisa mengasahnya kembali dengan menggunakan kikir. Harga jual perkakas gergagji jenis handsaw ini cukup terjangkau karena banyak tersedia dan banyak yang menjualnya dengan berbagai kualitas.

Gergaji Hacksaw

gerjaji hacksaw
Gergaji hacksaw memiliki fungsi untuk memotong pipa pvc atau material berbahan plastik. Mata gergaji hacksaw menggunakan mata gergaji yang halus dan rapat, jika mata gergaji sudah terasa tumpul Anda bisa menggantinya dengan mata gergaji yang baru.

Gergaji Coping Saw

Gergaji Coping Saw
Memiliki bentuk yang hampir sama dengan gergaji hacksaw namun memiliki kegunaan yang berbeda. Gergaji coping saw memiliki fungsi untuk memotong bagian kayu dengan ukuran yang kecil atau untuk memotong lembaran kayu dengan ukuran dan bentuk yang rumit. Mata gergaji coping saw dapat diganti jika mata gergaji sudah mulai tumpul.

Gergaji Crosscut Saw
Jenis gergaji crosscut saw merupakan alat perkakas tangan yang berfungsi untuk memotong kayu secara melintang. Gergaji crosscut saw memiliki macam – macam ukuran, Anda bisa menyesuaikan ukurannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk harga jual perkakas gergaji crosscut saw ini lebih mahal dari gergaji biasa.

Gergaji Backsaw
Gergaji backsaw adalah jenis gergaji yang dimanfaatkan untuk membuat potongan kayu dengan berbentuk diagonal.

Gergaji Keyhole Saw
Jenis perkakas tangan manual gergaji yang terakhit ini adalah jenis keyhole saw. Gergaji keyhole saw memiliki ukuran yang kecil dibanding jenis gergaji lainnya. Keyhole saw memiliki fungsi untuk menggergaji bagian – bagian bersudut kecil atau sempit.
Ke enam jenis perkakas gergaji tangan diatas adalah jenis gergaji tangan manual yang bisa Anda pilih dan Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa menemukan berbagai jenis perkakas gergaji terlengkap di indotrading dengan harga jual perkakas murah, karena Anda membeli peralatan perkakas gergaji langsung dari distributornya tanpa lewat perantara apapun.

No comments.

Leave a Reply