Menghitung Watt Mesin Cuci untuk Mengetahui Biaya Pemakaian Per Bulan

Ketika semua harga-harga barang dan tagihan melonjak naik seperti sekarang ini, sudah sepantasnya bagi Anda dan sekeluarga untuk semakin berhitung dalam segala hal. Ini bisa dimulai dari hal yang sederhana, seperti mengurangi pemakaian listrik untuk di rumah Anda masing-masing. Selain mematikan lampu ketika tidak dibutuhkan, salah satu cara yang cukup efektif adalah menghitung pemakaian mesin cuci. Ini karena watt mesin cuci yang tidak dihitung bisa membuat tagihan bertambah cukup tinggi.

Jangan remehkan besarnya penggunaan listrik yang dibutuhkan oleh mesin cuci Anda. Pikirkanlah, Anda setidaknya harus mencuci pakaian Anda beberapa hari sekali. Jika Anda memiliki prinsip mencuci meski tumpukan baju kotor masih sedikit, karena tidak ingin kehabisan baju, maka Anda pun akan sangat sering memakainya, dan dari sana, justru pemakaian listrik bertambah banyak.

Sekarang, mari lihat dulu kira-kira berapa pemakaian watt pada mesin cuci:

  • Mencuci atau membilas pakaian membutuhkan kurang lebih 250 watt, tergantung banyaknya baju.
  • Untuk mengeringkan baju, Anda membutuhkan lebih banyak listrik, kurang lebih 300 watt.
  • Misalnya pemakaian dalam sehari adalah 2 jam untuk mencuci, dan 30 menit untuk mengeringkan, itu berarti sekitar 600 watt sehari. Katakanlah Anda menggunakannya 2 kali seminggu, itu berarti sekitar 20 jam sebulan.

Penghitungannya adalah:

KWH listrik = daya alat x lama pakai (jam).
KWH mesin cuci 1 bulan = 600 x 20 = 12.000 WH = 12 KWH.
Biaya listrik = pemakaian (KWH) x Tarif Dasar Listrik (TDL).
Biaya listrik = 12 x 795 = Rp9.540,00.

Perlu diperhatikan bahwa hitungan tersebut bisa berbeda tergantung dari TDL yang dipakai, karena setiap golongan bisa berbeda.

Meski terlihat tidak signifikan, bayangkan jika biaya tersebut digabungkan dengan biaya listrik dari televisi, rice cooker, setrika, AC, komputer, dll. Tentu akan cukup memberatkan, bukan? Karena itu, Anda harus menghematnya dengan baik. Anda bisa melihat bagaimana cara menghemat watt mesin cuci ini di situs Rinso, di mana situs resmi deterjen terbaik Indonesia ini akan membantu Anda membuat mesin cuci lebih efisien.Watt Mesin Cuci Rinso

No comments.

Leave a Reply