Minyak Goreng Kelapa : Minyak Kelapa Sawit VS Minyak Kelapa Murni, Mana yang Lebih Baik?

Minyak goreng kelapa murni memang memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan minyak kelapa sawit yang banyak Anda temui di pasaran. Kalah harga ekonomis membuat banyak kalangan masih setia menggunakan minyak kelapa sawit. Padahal, ada banyak dampak negatif yang wajib Anda tahu mengenai penggunaan minyak goreng kelapa ini dalam jangka waktu lama.

Minyak Goreng Kelapa

Hal ini dikarenakan minyak kelapa sawit beprotensi menjadi lemak trans yang tidak baik untuk kesehatan. Bagaimana dengan minyak kelapa murni yang digunakan untuk memasak?

Minyak goreng kelapa merupakan asam lemak jenuh

Jika dibandingkan dengan minyak kelapa sawit goreng yang bisa menjadi lemak trans, minyak kelapa merupakan jenis asam lemak jenuh yang stabil. Dalam minyak alami yang tidak menggunakan bahan kimia ini, minyak kelapa murni mengandung lebih dari 50 persen asam laurat, tidak mengalami oksidasi yang menyebabkan makanan mudah tengik dan bisa digunakan sebagai bahan obat-obatan.

Perbedaan ini pula yang haru Anda ketahui lebih dulu mengingat asam lemak jenuh tidak sama dengan lemak trans yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, stroke atau kanker. Coba Anda bayangkan risiko oksidasi pada pembuluh darah arteri yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah akibat konsumsi minyak goreng kelapa sawit dalam jangka waktu lama! Mengerikan, bukan?

Manfaat minyak goreng kelapa murni

Mungkin sudah waktunya bagi Anda mempertimbangkan kembali penggunaan minyak kelapa murni yang lebih baik dibandingkan minyak kelapa sawit biasa. Ada beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan minyak goreng ini sebagai bahan utama kebutuhan dapur antara lain:

  1. Bisa menjadi antibakteri, antivirus dan antijamur
  2. Jenis asam lemak jenuh yang lebih mudah diserap oleh hati dan dibakar menjadi sumber energi harian
  3. Bisa membantu peningkatan beragam mineral seperti magnesium dan kaslium, asam amino serta vitamin dan lemak dalam sistem pencernaan tubuh
  4. Kandungan antioksidan pada minyak kelapa bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti melindungi sel tubuh dari serangan penyakit akibat radikal bebas, memperbaiki sel tubuh yang rusak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyebaran sel kanker pada jaringan tubuh.

Selain manfaat kesehatan yang disebutkan di atas, tentu masih ada banyak khasiat lain yang dimiliki minyak kelapa murni ini. Toh, jika digunakan sebagai produk menggoreng, minyak kelapa tidak menimbulkan dampak negatif berlebihan seperti lemak trans pada minyak kelapa sawit biasa.

Tentu harga dua kali lipat yang dibandrol minyak kelapa murni ini bisa dikatakan sebanding dengan manfaat yang diberikan untuk tubuh. Memberikan produk terbaik untuk mendukung kesehatan seluruh anggota keluarga, kenapa tidak?

Hal yang harus diketahui mengenai penggunaan minyak goreng kelapa murni

Produk minyak kelapa yang memiliki sifat tahan panas dan tidak rusak jika dipakai untuk memasak memang bagus dijadikan bahan utama di dapur. Meski begitu, Anda tetap harus menggunakan produk minyak kelapa ini sesuai kebutuhan saja. Minyak kelapa termasuk golongan asam lemak jenuh yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan dalam satu hari.

Setidaknya Anda bisa menggunakan minyak goreng ini kurang dari 7 persen total kalori harian. Jadi, minyak goreng ini bisa digunakan untuk menumis, menggoreng dan lain-lain sesuai porsi saja.

Yuk, gunakan produk minyak kelapa murni yang lebih sehat dan terjaga kandungan nutrisinya! Pengolahan produk menggunakan cara tradisional yang bisa menjaga setiap kandungan manfaat yang ada pada minyak goreng satu ini. Minyak goreng kelapa bisa digunakan hingga tiga kali penggorengan tanpa memberikan dampak negatif berlebihan bagi tubuh Anda.

No comments.

Leave a Reply