Opini : 6 Poin Kunci Menghadapi Era Industri 4.0 Bagi Millenial

Banyak opini (baca : https://opini.id/community ) yang berkembang di masyarakat, terutama kalangan orang tua bahwa anak-anak harus pintar, cerdas dan memiliki nilai matematika yang tinggi untuk bisa sukses. Akan tetapi, di era industry 4.0 seperti sekarang ini, nampaknya pandangan itu bisa dibantah. Jika jaman dulu pekerjaan terbatas sebagai mekanik, programmer, PNS, akuntant atau pegawai bank, jaman sekarang, semua pekerjaan itu sudah bisa digantikan oleh mesin.

Opini

Pekerjaan-pekerjaan yang mengandalkan logika dan bersifat repetisi sudah bisa dibaca polanya oleh para ahli ahli senior dan diciptakan alogaritmanya. Sehingga lapangan pekerjaan yang mengandalkan logika atau IQ sebenarnya semakin menyempit. Pekerjaan dokter umum nantinya akan digantikan oleh robot, akuntan digantikan oleh aplikasi, bahkan Jika anak Anda berniat belajar Program Web, sudah ada aplikasi Web Builder yang bisa membuat web dalam waktu singkat.

Apa yang Harus Dipersiapkan Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0?

Mengingat tantangan di era sekarang yang semakin kompleks dan bahkan yang kita pelajari tahun ini, akan masih relevan untuk diandalkan di tahun berikutnya. Dunia kerja bergerak cepat dan angkatan kerja baru harus fleksibel untuk mempelajari banyak hal. Lalu apa saja yang harus di tempa untuk menghadapi era industry 4.0 ini?

  • Pemecahan Masalah

Permasalahan di era sekarang semakin kompleks dan kemampuan memecahkan masalah menjadi sangat penting. Terutama di dunia bisnis, barang siapa yang bisa mengidentifikasi dan memecahkan masalah bagi orang orang, maka Dia bisa menciptakan bisnis baru setiap saat. Atau kemampuan problem solving ini cukup penting untuk menyelesaikan masalah internal perusahaan yang pelik.

  • Kreativitas

Opini yang berkembang bahwa orang harus pinter, tapi “smart is good at doing something, but creative is good at create something”. Pekerjaan masa depan akan banyak bergantung pada kreativitas dimana seseorang bisa menciptakan hal yang unik, mendesain sesuatu yang unik dan menciptakan hal unik. Atau jika dikaitkan dengan kemampuan memecahkan masalah, seseorang dituntut untuk mencari solusi kreatif yang efektif dan efisien.

  • Negoisasi

Kemampuan negoisasi merupakan kemampuan yang tidak akan tergantikan oleh mesin dan merupakan ketrampilan paling applicable di kehidupan sehari hari. Dengan memiliki kemampuan negoisasi yang baik, kamu akan mampu meyakinkan seseorang dengan mudah, mendapatkan proyek proyek baru dan bisa memudahkan pekerjaan. Skill ini bisa dilatih dengan pembiasaan sering ngobrol dengan orang lain.

  • Mindset Membantu Sesama

Di era sekarang, orang orang semakin skeptic dengan sebuah produk, orang atau jasa yang baru Mereka kenal. Orang juga lebih selektif dalam memilih produk, apakah produk tersebut merupakan solusi dan bisa membantu hidupku. Dengan memiliki mindset membantu dan menolong, kita akan mampu menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi pelanggan dan melayani pelanggan sepenuh hati.

  • Fleksibilitas

Di era baru dimana tantangan semakin besar, seseorang dituntut untuk fleksibel dalam menyesuaikan diri di setiap situasi yang ada. Seseorang juga dituntut untuk belajar hal hal baru yang sekiranya bisa mempermudah pekerja. Seseorang juga dituntut untuk melakukan berbagi pekerjaan diluar tanggung jawabnya. Fleksibilitas ini sangatlah penting untuk menghadapi hal hal tak terduga.

  • Kordinasi

Di era digital, manusia semakin mudah untuk terhubung dengan sesame, oleh karena itu seseorang harus memanfaatkan hal itu untuk pandai berkordinasi ketika menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Demikianlah opini singkat tentang hal yang harus anak muda persiapkan guna menghadapi era industry 4.0. Bagaimana, apakah kamu sudah siap menghadapi era industry 4.0?

No comments.

Leave a Reply