Pemilihan Batik Modern dan Tradisional

Batik Modern MatahariMallDunia batik saat ini sudah berkembang pesat. Batik klasik yang dikerjakan secara  tradisional dan batik modern yang diproduksi dengan mesin yang canggih, keduanya memiliki peminatnya masing-masing. Batik modern memiliki ikatan yang kuat dengan batik tradisional. Batik modern kebanyakan memiliki corak dan motif menggunakan linear dari daun, bunga, dan juga burung. Batik modern ini memang cenderung lebih tergantung kepada kreatifitas desainer daripada mengacu pada pedoman batik klasik seperti pengrajin tradisional. Hal ini juga tampak dalam penggunaan warna yang digunakan oleh desainer batik modern. Batik tradisional menggunakan pewarna natural, sedangkan batik modern menggunakan tambahan pewarna kimia agar dapat menghasilkan warna apapun yang mereka inginkan. Batik tradisional tetap menggunakan canting dan cap untuk membuat desain yang rumit, sedangkan batik modern sudah menggunakan alat printing.
Desainer fashion bersemangat memperkenalkan batik ke kancah mode dunia Internasional. Mereka telah melakukan banyak hal untuk mempromosikan seni batik Indonesia baik dalam bentuk tradisional atau pun modern. Perkembangan seni batik semakin meluas. Sementara proses desain batik klasik tetap pada teknik yang sama dengan cara tradisional sejak beberapa abad terakhir, perkembangan batik menunjukkan kemajuan besar dalam beberapa dekade ini dengan adanya batik modern.
Kualitas batik klasik atau tradisional tentu tidak bisa diragukan dan harganya pun melambung karena produksinya sangat terbatas dan memakan waktu yang lama. Namun, dalam dunia batik modern didominasi oleh mesin. Sejalan dengan peningkatan minat akan batik yang semakin tinggi, saat ini sudah semakin banyak produsen-produsen yang memproduksi batik dengan kualitas baik dengan harga terjangkau. Memiliki busana batik seperti kemeja, sekarang sudah menjadi hal yang lumrah. Bahkan pakaian batik selalu melengkapi koleksi busana untuk menghadiri acara-acara baik yang bersifat resmi, semi formal, atau casual. Saat ini kita tentu tidak perlu merasa kesulitan pada saat ingin belanja kemeja batik terbaru, karena sudah banyak toko yang menyediakan berbagai macam batik baik dengan model klasik maupun modern.

No comments.

Leave a Reply