Perbedaan New Satria F150 2013 (FU150 CD2) Dan Versi SF 2012

New Satria F150 2013 “Suzuki Satria FU 150 SCD2” – Jika melihat sekilas dari foto tampilan New Satria F150 2013 terlihat tidak terlalu banyak perbedaan mesin dan rangka dengan Satria F150 terdahulu selain beda di desain striiping body dan bentuk kepala yang mencolok. Tapi ternyata banyak perbedaan lainnya yang tak terlihat di versi terbaru Satria F150 ini.

Apa saya yang baru di New Satria F150 yang jadi sponsor resmi serial Bima Satria Garuda ini seperti yang tercanggih.com kutip dari MotorPlus :

Perbedaan New Satria FU150 2013

New Satria F150 2013

Klik Galeri New Satria F150 2013

Selain batok lampu, desain cover bodi yang menutupi underbone juga berubah. Pada Satria FU 150 terbaru terlihat lebih runcing. Sedang lubang angin di bagian bodi samping juga berbeda, yang baru lebih besar di atas. Buntutnya juga lebih seksi, desain dua layernya membuat terlihat makin meruncing.

Sedang untuk spesifikasi mesinnya, hampir pasti tidak ada perubahan pada mesin 150cc, 4 langkah, DOHC 4 katupnya. Mesin ini dilengkapi dengan transmisi 6-speed dan sudah menggunakan oil cooler. Blok silindernya tipe SCEM dengan teknologi seperti moge.

Fitur lain seperti disk brake depan belakang juga suspensi monoshock link type juga tetap dipertahankan. Pengendara juga tetap bisa memilih mode indicator percepatan melalui tombol SDMS di speedometer untuk memilih cara berkendara Eco, Normal, atau Power.

Yang Baru di Satria F150 2013

Sokbraker Depan Lebih Tebal dan Keras
Tampak luar tetap sama saja. Yang beda ada pada spacer di dalam as sokbraker. “Diameter spacer-nya lebih tebal jadi volume olinya berkurang. Efeknya sokbraker depannya sedikit lebih keras,” beber Hariadi yang berharap dengan berubahnya karakter ini, handling Satria FU150 terbaru lebih stabil pada kecepatan tinggi.

Tangki Besin Satria F150 2013 Lebih Kecil
Bodi yang lebih langsing membuat tangki bensin harus mengalah. Ukurannya sedikit dikurangi demi desain baru New Suzuki Satria FU150. Yang lama 4,9 liter, yang baru cuma 4,2 liter.

Head Lamp Menggunakan Satu Bohlam
Jika diperhatikan, bohlam lampu depan Suzuki New Satria FU150 cuma tinggal satu, padahal yang lama ada dua. Apa enggak jadi redup nyalanya? “Kan reflektornya baru juga, sekarang lebih fokus dan tetap terang,” sambungnya.

CDI Beda Merek Beda Soket
Jika sebelumnya menggunakan CDI dari vendor Denso, kini Suzuki Satria FU150 pakai otak pengapian berlabel Mitsubishi. “Bukan cuma beda merek, tapi soketnya juga beda. Jadi enggak bisa saling tukar. Sedang mapping pengapiannya tetap sama saja,” jelas pria berkacamata ini.

PAIR System Baru
PAIR (Pulsed Secondary Air Injection) System adalah saluran udara segar yang di-inject ke gas buang untuk mereduksi emisi. Pada sistem terbarunya ini, saluran udara tempat membran vakum dibuat lurus tanpa ada lekukan. “Udara segarnya bisa lebih plong, lebih cepat mengalir,” yakin pria yang berkantor di Tambun, Bekasi ini.

Spuyer Karburator Berubah
Karburatornya tetap menggunakan Mikuni berventuri 26 mm, tapi kodenya berubah. Yang lama BS26-296, yang baru pakai BS26-311. Apa bedanya? “Sedikit saja kok, beda spuyernya saja,” ungkap Hariadi. Diantaranya, Main jet lebih besar, naik 2,5 jadi 112,5. Lalu starter jet dari 25 jadi 17,5.

Filter Udara Ganti
Air filter atau penyaring udara pada motor ini sudah tidak lagi menggunakan busa. Tapi menggunakan material kertas dilapisi oli. Perawatan jadi lebih mudah, tidak perlu repot bersih-bersih. Kotor tinggal ganti baru.

Lihat Juga Detail Mengenai New Satria F150 Versi 2013 Yang dilaunching akhir bulan lalu ini  :

No comments.

Leave a Reply