Perhatikan 5 Hal Berikut Sebelum Kredit Mobil Bekas

Saat berkeluarga dan sudah mempunyai anak, transportasi menjadi masalah tersendiri yang dihadapi sebuah keluarga, mempunyai mobil bisa menjadi salah satu solusinya, namun bagi keluarga muda untuk membeli sebuah mobil baru mungkin menjadi hal susah dilakukan, Kredit Mobil Bekas bisa menjadi salah satu solusinya. Sebelum mengambil keputusan untuk mengambil kredit, alangkah baiknya perhatikan dulu beberapa hal berikut ini.

Kredit Mobil Bekas

  • Tentukan Jenis & Tempat Pembelian

Tentu saja jenis mobil yang akan diambil harus menjadi pertimbangan pertama yang harus diambil, mobil yang diambil harus memberikan manfaat yang optimal. Kalo anda adalah keluarga baru mungkin jenis sedan bisa menjadi pilhan tepat, namun jika anda sudah memilki anak anda bisa mengambil mobil jenis SUV, atau MVP adalah pilihan yang tepat..

Selain itu Tempat penyedia kredit juga menjadi faktor penting lainnya, terdapat dua tempat yang bisa menjadi penyedia kredit, leasing dan bank. membeli mobil dengan sistem kredit bank akan lebih menguntungkan dibandingkan dengan leasing. Suku bunga pada bank jauh lebih rendah dibandingkan leasing, dan Anda bisa terhindar dari resiko ditariknya mobil ketika Anda terlambat membayar cicilan.

  • Uang Muka & Besaran Cicilan

Muka menjadi Hal wajib yang harus anda siapkan, Biasanya besaran uang muka berada dikisaran 20%-30% dari harga mobil. Jika uang muka yang Anda bayarkan lebih besar maka jumlah cicilan per bulan akan lebih ringan. Untuk menentukan berapa jumlah cicilan mobil yang sanggup Anda bayar, patokannya adalah jumlah cicilan tidak lebih dari 1/3 penghasilan Anda per bulan.

Selain itu perhatikan pula biaya adminisatrasi dan biaya lainnya. Seperti asuransi, setoran dari kredit mobil juga akan ditambah dengan premi asuransi. Besaran premi asuransi mobil salah satunya ditentukan oleh usia kendaraan.

  • Jangka Waktu Kredit & Suku Bunga

Jangka waktu kredit perlu untuk diperhitungkan dengan matang, karena akan mempengaruhi besarnya cicilan setiap bulan. Ada yang menawarkan jangka waktu 1 tahun, 3 tahun bahkan 5 tahun. Namun sebaiknya pilihlah yang jangka waktunya tidak terlalu singkat karena cicilan sudah pasti lebih besar. Hindari juga jangka waktu terlalu lama karena Anda juga akan mengeluarkan uang lebih banyak karena suku bunga yang dikenakan. Idealnya jangka waktu 3 tahun cocok untuk dipilih agar dapat meminimalisir kerugian yang ditimbulkan.

Suku bunga juga turut diperhitungkan karena ini juga berpengaruh terhadap besarnya cicilan mobil. Bunga cicilan kredit mobil baru sebenarnya lebih murah yakni 3% per tahun, dibandingkan dengan kredit mobil bekas yang bunganya bisa mencapai 9% pertahun. Namun biasanya perusahaan yang baik dan mapan keuangannya akan menetapkan suku bunga yang lebih rendah sehingga cicilan Anda bisa lebih ringan.

  • Periksa Eksterior & Interior Mobil

Pastikan anda telah mengecek kondisi mobil secara menyeluruh, ini berguna untuk meminimalisir biasa tambahan yang mungkin akan terjadi di kemudian hari, kalo saja ada kerusakan. Membawa tenaga ahli untuk mengecek keadaaan mobil bisa menjadi salah satu pilihan apabila anda tidak terlalu mengerti tentang mobil.

  • Pastikan Surat Kelengkapannya

Saat Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, pastikan Anda meminta bukti kelengkapan surat seperti BPKB, STNK dan buku service sebagai informasi dan rekam jejak mobil dari pemilik sebelumnya. Anda harus teliti dalam memperhatikan keaslian surat dan dokumen tersebut, karena ini akan memudahkan Anda dalam proses balik nama, menghindari dari pembelian mobil curian, dan sebagainya.

Nah inilah beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum anda memutuskan untuk kredit mobil bekas, jadilah pembeli teliti untuk menghindari kerugian atau biaya tambahan dikemudan hari. Semoga Artikel ini bermanfaat ya!!!

No comments.

Leave a Reply