Perlukah Pengusaha Kecil Menengah Menerapkan Coworking Space

CoWorking Space Jakarta

Coworking space kini sedang menjadi trend di kalangan pebisnis dan pengusaha pribadi. Dengan lingkup kerja ini, para profesional kerja bisa pergi ke tempat yang tidak jauh dari rumahnya untuk menyelesaikan pekerjaannya. Dalam menerapkan konsep ini, biasanya tempat kerja dilengkapi dengan ruang meeting, peralatan kantor, akses internet, dan sebagainya. Namun, sebenarnya perlukah para pengusaha kecil menengah menerapkan konsep ini?

Jawaban untuk pertanyaan di atas adalah bisa. Hanya saja, Anda harus memperhatikan segala aspek yang dianggap penting sebelum menerapkan konsep ruang co-working untuk usaha kecil yang dijalankan. Beberapa pengusaha atau wiraswasta kecil sering merasa kesulitan apabila bekerja dari rumah. Kesulitan tersebut bisa dikarenakan anak-anak yang menghambat pekerjaan, binatang peliharaan, maupun aktivitas tertentu seperti menonton televisi. Karena itu, pelaku usaha seperti ini memerlukan lingkungan kerja yang produktif. Di sinilah munculnya trend coworking space di kalangan para pengusaha atau pebisnis.

Ada satu hal yang penting untuk diketahui ketika Anda memilih konsep ruang co-working yang produktif. Hal yang dimaksud adalah penggunaan susunan meja dan kursi yang menyerupai ruang rapat atau ruang pertemuan. Jadi, dalam konsep ini tidak ada kantor pribadi untuk setiap orang yang menyewa tempat. Jadi, dalam hal privasi Anda akan merasakan sedikit perbedaan dengan privasi di ruang kantor tradisional. Walau begitu, hal ini bukanlah kekurangan, melainkan sebuah kelebihan apabila Anda melihatnya dari sudut pandang lain. Apakah itu? Dengan menyewa ruang bersama, Anda bisa menciptakan jaringan kerja profesional.

Hal ini tentu akan sangat menguntungkan untuk usaha kecil-kecilan yan sedang berkembang dan membutuhkan banyak rekan atau mitra kerja. Apabila memiliki jaringan kerja, kesempatan menjalin kerja sama juga lebih besar.

Apabila Anda tertarik untuk menerapkan coworking space untuk bisnis yang sedang dijalankan, ada satu hal lagi yang penting untuk dipertimbangkan. Hal tersebut adalah bahwa kemungkinan besar ada biaya yang harus Anda bayarkan untuk bergabung dengan organisasi yang menjadi wadah co-working tersebut. Jenis biaya yang harus dibayarkan umumnya tergantung dengan organisasi tersebut. Ada yang menerapkan sistem prepayment atau pembayaran di awal dan ada pula yang menerapkan metode lain. Silakan memilih manakah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Go-Work merupakan salah satu coworking space di Jakarta, jika anda berada di kawasan pusat Jakarta dan sekitarnya anda bisa mencoba menjadi membership Go-Work. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki akan membuat anda merasakan manfaat yang benar-benar nyata. Sebagai member anda berkesempatan mengikuti event seputar startup dan Industri kreatif yang di adakan oleh Go-Work maupun pihal ketiga.

No comments.

Leave a Reply