Permainan Anak Perempuan yang Dapat Membantu Mengasah Otak Anak

Dunia anak tidak bisa dilepaskan dari bermain. Karena bermain adalah hal yang perlu untuk diperoleh anak sebagai bagian dari tumbuh kembangnya. Untuk anak perempuan, ada banyak permainan anak perempuan yang bisa membuat anak mendapatkan hal baru dan belajar banyak hal. Bermain tidak hanya bisa mempengaruhi tumbuh kembang emosional dan fisik anak, namun juga bisa mengembangkan kemampuan kognitif agar semakin cerdas.

Permainan Anak Perempuan

Orang tua perlu untuk membentuk kecerdasan anak sejak dini. Apalagi jika anak sudah berada dalam usia emas yaitu masa ketika kemampuan otak anak berkembang dengan pesat. Masa periode emas ini dimulai sejak bayi berada dalam kandungan hingga anak berumur 3 tahun. Ketika itu jumlah sel dalam otak akan bertambah dengan cepat hingga berjumlah miliaran. Namun tetap saja membutuhkan rangsangan agar sel-sel otak tersebut semakin kompleks.

Asah Otak Anak dengan Permainan

Anak membutuhkan rangsangan agar bisa membuat saraf di otak semakin kuat, stimulasi yang memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang, seperti memberikan permainan yang bisa meningkatkan kemampuan otak. Jika Anda memiliki anak perempuan, berikut ini terdapat beberapa permainan anak perempuan yang bisa mengasah otak :

  1. Bermain boneka

Ini menjadi permainan yang paling difavoritkan anak perempuan. Selain bentuk bonekanya lucu, teksturnya lembut, sehingga sangat nyaman digunakan ketika anak bermain. Bermain dengan boneka bisa mengajari anak banyak hal berguna, misalnya mengembangkan kemampuan psikomotorik dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah (problem solving).

Bukan hanya itu saja, ketika anak bermain dengan boneka, dia akan bermain dengan daya imajinasi sambil mengoceh untuk melatih kemampuan bahasa dan memperbanyak kata yang dipunyai.

  1. Bermain masak-masakan

Seringnya melihat ibu memasak di dapur, membuat anak jadi ingin meniru aktifitas yang biasa dilakukan ibunya. Anak memang sangat suka meniru kebiasaan yang dilakukan orang dewasa. Tetapi dapur menjadi tempat berbahaya untuk anak bermain. Permainan masak-masakan bisa menjadi solusi agar anak tetap bisa meniru ibu memasak.

Permainan masak-masakan ini bisa melatih daya imajinasi dan juga kreatifitas anak perempuan. Anak bisa mengembangkan ide untuk membuat menu masakan sesuai dengan keinginannya. Selain itu dengan bermain permainan ini, keinginan anak untuk membantu ibu memasak juga lebih tinggi. Ibu bisa memberikan tugas yang ringan, misalnya mengaduk adonan atau mengocok telur.

  1. Bermain rumah-rumahan

Permainan rumah-rumahan memiliki manfaat untuk mendukung kecerdasan anak perempuan. Khususnya dalam hal mengembangkan imajinasi. Anak bisanya akan berperan sebagai orang tua, yaitu ibu. Lalu peran ayah dan anak-anak akan diperankan oleh teman-teman dan juga bonekanya.

Dengan berperan sebagai ibu, anak belajar untuk bertanggung jawab membersihkan rumah, memasak, mencuci, dan pekerjaan rumah lainnya. Ini akan mengajarinya untuk menjadi seorang yang bertanggungjawab ketika sudah dewasa.

Bukan hanya itu saja, bermain rumah-rumahan juga menguji anak untuk menyelesaikan masalah. Anak akan menemui tantangan untuk mendekorasi rumah, di sini kemampuan anak untuk memecahkan masalah akan diuji.

  1. Bermain peran (role play)

Anak perempuan sangat suka bermain peran, dia akan mengembangkan daya imajinasi dan khayalnya. Lewat permainan ini, anak perempuan bisa belajar berimajinasi dan kreatif dengan membuat ide cerita sendiri dan mengembangkan kemampuan berpikir serta memecahkan masalah.

Ketika anak bermain peran, lebih baik ibu mendampinginya dan mengetahui perkembangan apa yang didapat anak ketika bermain peran tersebut. Ibu juga bisa mengecek lingkungan bermain anak apakah baik ataukah buruk. Pengaruh media dan juga lingkungan yang ada di sekitar anak perlu disikapi dengan baik.

Demikian beberapa permainan anak perempuan yang bisa mengasah otak dan bisa Anda ajarkan pada anak. Tentu dengan melakukan berbagai permainan tersebut, bukan hanya perasaan senang anak saja yang didapat, namun manfaat untuk mengasah otak juga akan didapat.

No comments.

Leave a Reply