Perusahaan Sukanto Tanoto Mempelopori Raihan Sertifikat PEFC di Indonesia

Karena produk unggulannya PaperOne, APRIL grup mendapatkan penghargaan Program untuk Pengesahan Sertifikasi Hutan, atau sertifikasi PEFC. Artinya, konsumen yakin bahwa PaperOne berasal dari sumber legal, dapat dilacak dan ramah lingkungan. Dan tepatnya pada bulan Desember 2014, APRIL grup merupakan perusahaan kehutanan Indonesia pertama yang menerima sertifikasi pengelolaan hutan berkelanjutan berdasarkan Program untuk Persetujuan Sertifikasi Kehutanan (PEFC) bersama dengan mitranya Indonesia, Kerjasama Sertifikasi Hutan Indonesia (IFCC). PEFC adalah sistem sertifikasi kehutanan yang terkenal di dunia dengan standar yang akurat dan diakui secara global yang mana sebagai mekanisme untuk memverifikasi serta meningkatkan pengelolaan hutan lestari dan produk kayu yang dihasilkan pun secara berkelanjutan. Dengan adanya PEFC dapat meningkatkan pengelolaan hutan berkelanjutan, yang juga dapat memicu pada praktek-pratek yang baik dan tidak membahayakan bagi kebutuhan generasi mendatang. Produk pulp dan kertas milik APRIL grup bersumber dari hutan-hutan yang dikelola secara berkelanjutan dan menggunakan bahan-bahan yang diawasi. PEFC memastikan bahwa hutan-hutan dikelola dengan mengutamakan aspek lingkungan sosial dan ekonomi. Hal ini menjadi sebuah mekanisme yang terverifikasi untuk melacak kayu dari proses pemasokan hingga barang jadi.

Sukanto Tanoto

Bagi APRIL grup, sertifikat merupakan bagian dari komitmen untuk perbaikan yang berkelanjutan serta produk dan jaminan proses bagi para pemangku kepentingan seperti konsumen, banker, dan pemerintah. Hingga saat ini, mereka memiliki beragam portfolio sertifikasi nasional dan internasional yang memberikan jaminan menyeluruh dari efisiensi, kualitas dan keberlanjutan operasional pabrik dan perkebunan yang menentukan kualitas produk akhir mereka. Operasional manufaktur Grup APRIL telah menerima sertifikasi Chain-of-Custody PEFC pada tahun 2010 yang menjamin bahwa semua bahan baku yang masuk ke pabrik berasal dari sumber-sumber yang tidak kontroversial. Bersama-sama, sertifikasi SFM dan Chain-of-Custody melambangkan bahwa Grup APRIL saat ini bersertifikat PEFC di seluruh rantai pasokannya.

Program Persetujuan Sertifikasi Hutan, atau PEFC, adalah sebuah organisasi internasional, non-profit dan non-pemerintah yang memberikan sertifikasi kepada pihak ketiga yang independen untuk memastikan pemanfaatan sumber daya hutan melalui Sertifikasi Pengelolaan Hutan Lestari (PHL) dan Sertifikasi Rantai Pemeliharaan (CoC). Dalam hal ini, produk Grup APRIL berasal dari sumber resmi dan ramah lingkungan melalui pengelolaan hutan berkelanjutan.

APRIL grup sendiri merupakan perusahaan kehutanan Indonesia pertama yang menerima sertifikasi pengelolaan hutan berkelanjutan. Operasional manufaktur milik APRIL grup, sebelumnya telah menerima sertifikasi Chain of Custody PEFC. Sertifikasi yang didapat pada tahun 2010 ini, menjamin bahwa semya bahan baku yang masuk ke pabrik berasal dari sumber-sumber yang tidak controversial. Selain itu juga, Sertifikat PEFC untuk Paper One dan operasional APRIL grup yang berlokasi di Provinsi Riau ini, bersertifikat berdasarkan dari 3 aspek, yaitu: OHSAS 18001 (Sistem Manajemen Keselamatan), ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu), dan ISO 14001 (Sistem Manajemen Lingkungan). Dan itulah perusahaan Sukanto Tanoto mempelopori raihan Sertifikat PEFC di Indonesia.

No comments.

Leave a Reply