Rumah Terawat, Keluarga Bahagia

Saat kita masih bersekolah di sekolah dasar, jika ditanya apa kegunaan rumah, maka otomatis kita akan menjawab bahwa rumah adalah tempat untuk anggota keluarga berlindung. Lain halnya dengan sekarang. Jika kita amati lebih dalam lagi, sebenarnya kegunaan rumah yang kita tempati tidak hanya sebagai tempat berlindung, melainkan tempat di mana kita bisa saling merekatkan hubungan antar anggota keluarga karena kita dapat berkumpul dengan keluarga dan saling berbagi kebahagiaan. Kebahagiaan tersebut tentu saja bukan hal yang mudah untuk diwujudkan. Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi kebahagiaan dalam keluarga. Salah satu faktor yang mempengaruhi kebahagiaan keluarga adalah kenyamanan dalam rumah tersebut.

Rumah Minimalis

Rumah

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa kenyamanan sebuah rumah dapat mempengaruhi kebahagiaan para penghuninya. Sebagai contoh, dalam beberapa kasus, orang mengeluh karena kondisi rumah mereka yang tidak nyaman karena kotor atau mungkin beberapa perabotan yang mulai tidak berfungsi dengan baik sehingga mereka tidak dapat melakukan beberapa aktivitas di dalamnyabersama anggota keluarga lainnya. Akibat ketidaknyamanan tersebut, tentu saja tidak ada penghuni rumah yang betah untuk berada di dalamnya. Sehingga mereka memilih untuk sering pergi keluar rumah untuk melakukan aktivitas lainnya. Karena terlalu sering berada di luar rumah, acap kali terjadi perselisihan antaranggota keluarga karena mereka tidak memiliki waktu untuk saling mengerti satu sama lainnya. Pada akhirnya, tidak ada atmosfer kebahagiaan yang tercipta dalam rumah.

Lalu, apa solusinya? Tentu saja solusinya adalah Anda harus melakukan perawatan pada rumah Anda. Berikut ini adalah beberapa tips merawat rumah:

  1. Perhatikan barang-barang di setiap ruangan.

Untuk apa kita harus memperhatikan barang-barang di setiap ruangan rumah kita? Kita harus mengamati dan memilih barang-barang mana yang sekiranya sudah tidak digunakan lagi. Sebenarnya, permasalahan mendasar yang merupakan awal dari tidak terawatnya rumah kita adalah kehadiran barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi. Terkadang kita merasa bahwa barang-barang yang tidak terpakai tersebut masih dapat diperbaiki, kemudian kita pakai lagi. Pada kenyataannya, beberapa orang cenderung lupa pada barang-barang tersebut sehingga barang-barang tersebut menumpuk. Jika sudah seperti itu, otomatis kita tidak mempunyai ruang yang tersisa untuk menyimpan barang dan malah membuat barang-barang tersebut menjadi berantakan. Dengan menyisihkan barang-barang yang sudah tidak digunakan, tentu saja kita mudah menata barang-barang yang masih berfungsi  dengan baik ke tempatnya sehingga terlihat lebih rapi.

  1. Letakkan beberapa box yang dihias di ruangan tertentu.

Kegunaan box tersebut adalah untuk memudahkan Anda meletakkan barang-barang yang sudah terpakai. Terkadang kita malas untuk meletakkan barang-barang yang sudah kita pakai ke tempatnya karena letaknya jauh dari jangkauan kita sehingga kita cenderung untuk meletakkan barang-barang tersebut dengan sembarangan. Jika sudah seperti itu tentu saja barang-barang akan berserakan di mana-mana. Akan tetapi, berbeda halnya jika menggunakan box. Seusai menggunakan barang-barang, kita dapat meletakkannya ke dalam box tersebut, kemudian kita dapat meletakkan barang-barang yang terdapat dalam box ke tempat yang seharusnya saat kondisi kita dalam keadaan baik. Dengan adanya hiasan padabox tersebut, box tersebut dapat menjadi hiasan ruangan yang dapat dimanfaatkan.

  1. Hindari terlalu banyak hiasan.

Terkadang kita berniat untuk meletakkan beberapa hiasan untuk mempercantik ruangan, tetapi tanpa kita sadari justru hiasan-hisan yang diletakkan di dalam ruangan terlalu banyak. Akibatnya, ruang gerak kita dalam ruangan tersebut menjadi sedikit dan kita merasa sumpek. Keterbatasan ruang gerak kita dalam ruangan tersebut dapat mempengaruhi kenyamanan kita. Oleh sebab itu, jika ingin meletakkan hiasan dalam suatu ruangan, kita harus memperhatikan seberapa besar ruangan yang hendak kita beri hiasan dan jangan lupa untuk memberi ruang gerak dalam ruangan tersebut.

  1. Penggantian perabotan lama.

Perabotan lama dapat mempengaruhi ketidaknyamanan kita saat berada di rumah. Selain itu, perabotan lama juga dapat membahayakan para penghuni rumah. Contohnya, meja makan yang terbuat dari kayu yang telah usang dapat dimakan rayap yang menyebabkan kondisi kayunya rapuh dan sewaktu-waktu dapat roboh. Hal ini tentu saja membahayakan penghuni rumah. Dengan mengganti perabotan lama, penghuni rumah akan merasa nyaman dan aman dalam menggunakan perabotan rumah.

  1. Membuat pembagian tugas untuk membersihkan rumah.

Membersihkan rumah merupakan hal yang mendasar dalam merawat rumah karena dengan membersihkan rumah berarti kita telah melakukan sebagian dari perawatan rumah. Membersihkan rumah merupakan hal yang sangat sederhana sehingga tidak terlalu menguras energi. Akan tetapi, jika Anda harus membersihkan rumah setiap hari seorang diri, maka tentu saja membersihkan rumah merupakan pekerjaan yang sangat melelahkan. Oleh karena itu, buatlah pembagian tugas untuk seluruh penghuni rumah. Dengan adanya pembagian tugas untuk seluruh penghuni rumah, membersihkan rumah bukan menjadi hal yang memberatkan lagi.

Melalui beberapa tips tersebut, Anda tidak akan bingung tentang apa yang harus Anda lakukan dalam merawat rumah Anda. Dengan begitu, maka rumah Anda akan terawat dengan baik sehingga Anda dan seluruh penghuninyaakan merasa nyaman untuk berlama-lama di dalamnya. Jika kenyamanan dalam rumah sudah tercipta, maka kebahagiaan antaranggota keluarga pun akan tercipta.

No comments.

Leave a Reply