Sebelum Memilih Merek Oli Terbaik, Caritahu Bagaimana Waktu Tepat Mengganti Oli

mobil.co.id

Mengganti oli motor dengan waktu yang tepat dan rutin memang menjadi hal yang sangat penting guna untuk menjaga bagaimana performa mesin anda tersebut. Pasalnya keberadaan oli didalamnya ini akan dipengaruhi oleh panas ataupun kerak yang bisa muncul akibat proses pembakaran. Dalam memilih oli ini, anda bisa mempertimbangkan merek oli terbaik.

Mengingat fungsi oli pada mesin bermotor ini sangat baik. Tidak hanya digunakan sebagai pelumas saja, ternyata oli juga digunakan untuk meratakan panas pada mesin ke semua bagian mesin. Sebenarnya, masih ada yang bertanya-tanya kapankah waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli tersebut? Dan mengapa oli motor harus diganti secara rutin?

Mengapa oli motor harus diganti rutin?

Ya, pertanyaan tersebut memang kerap dilontarkan oleh banyak orang yang ingin mengetahui mengapa waktu harus melakukan penggantian oli tersebut? Penggantian oli secara rutin ini sendiri berfungsi agar mesin bisa terhindar dari kerak ataupun panas ketika proses pembakaran sedang berlangsung. Pasalnya apabila kerak sudah masuk ke dalam bagian engkol melalui ring piston maka akan mempengaruhi suhu mesin.

Dengan demikian, maka ini juga akan mempengaruhi bagaimana performa yang dimiliki oleh oli tersebut. Oli yang sudah kehilangan strukturnya ini tentu akan memberikan pengaruh pada mesin kendaraan anda bukan? Dimana mesin kendaraan akan cepat aus dan rusak.

Kenali ciri-ciri oli motor harus diganti

Memang ada banyak merek oli yang bisa anda gunakan, tetapi anda juga harus mengetahui kapankah waktu yang tepat harus mengganti oli tersebut? Ada beberapa ciri oli yang harus diganti dengan segera. Dibawah ini karakter oli yang harus segera diganti.

  1. Mempunyai warna hitam pekat dan encer

Oli mesin yang baru, biasanya mempunyai warna coklat dan biru. Memang warna yang dimiliki sedikit pekat tetapi tidak hitam. Nah, jika anda menemukan oli motor anda sudah berubah warna menjadi hitam pekat maka oli anda harus segera diganti. Oli yang berubah warna ini sendiri diakibatkan karena adanya panas dan zat emisi dari sisa pembakaran.

Jika oli sudah berwarna hitam pekat, maka ini bisa menjadi pertanda apabila oli sudah terkontaminasi dengan zat tersebut. Jika oli ini terus digunakan maka daya lumas yang dimiliki akan semakin menurun.

  1. Volume oli mesin yang semakin berkurang

Volume oli mesin untuk sepeda motor yang mempunyai kapasitas 150 cc kebawah biasanya mempunyai rata-rata satu liter. Tetapi volume tersebut juga akan mengalami penyusutan dari waktu ke waktu terutama jika motor anda mempunyai aktivitas yang rutin. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Karena oli akan mengalami penguapan ketika sedang kepanasan  ataupun oli masuk ke area bakar dengan melewati celah ring piston hingga adanya kebocoran oli. Jika volume oli semakin berkurang, maka saatnya melakukan penggantian pada oli anda tersebut.

  1. Suhu mesin yang lebih tinggi dari sebelumnya

Suhu mesin yang terasa berbeda dimana jauh lebih tinggi juga bisa menjadi pertanda apabila oli motor anda sudah butuh diganti. Ketika fisik oli sudah menurun memang daya hantar panas yang dimilikinya juga akan mengalami penurunan, hal inilah yang mengakibatkan penyebaran panas tidak bisa merata sehingga akan menimbulkan radiasi panas dari area blok mesin ke kaki dimana terasa tidak seperti biasanya.

Bukan hanya itu saja, ciri lainnya adalah suara mesin yang terdengar kasar. Jika anda menemukan ciri-ciri diatas, maka anda bisa segera melakukan penggantian oli. Dan menggunakan merek oli mobil.co.id

No comments.

Leave a Reply