Semangat Kampung Indonesia Mendidik Penerus Bangsa di Kampung Sonraen NTT

Melalui program Kampung Berseri Astra (KBA), PT Astra Internasional Tbk. berpartisipasi mendukung kemajuan bangsa. Program ini mendukung kampung-kampung di Indonesia untuk berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki. Hingga saat ini sudah tercatat ada 77 kampung yang terdaftar dalam program KBA. Jumlah ini tentu diharapkan akan terus bertambah dari waktu ke waktu.

Terdapat 5 kategori KBA yang dicanangkan oleh Astra yaitu kampung wisata, kampung budaya, kampung cyber, kampung produktif, dan kampung hijau. Setiap kampung memiliki tema masing-masing sesuai dengan potensi dan fokus yang mereka kembangkan. Dari 77 nama kampung yang sudah tercatat bersama KBA, ada satu nama kampung yang cukup menarik perhatian yaitu kampung Sonraen NTT.

Semangat Kampung Indonesia

Kampung Sonraen merupakan salah satu kampung yang lokasinya cukup terpencil di NTT. Akses untuk ke kampung ini bisa dibilang cukup sulit dan belum memiliki infrastruktur jalan yang bagus. Namun, dari lokasi yang tersembunyi ini, terdapat bibit-bibit unggul penerus bangsa yang berbakat dan berkualitas. Astra melihat potensi bibit-bibit penerus bangsa dari kampung Sonraen dan melakukan pembinaan di sana.

Fokus Pendidikan

Sebagai bagian dari KBA, kampung Sonraen harus mengembangkan diri berdasarkan 4 pilar yang terdapat di CSR (corporate social responsibility). 4 Pilar tersebut adalah pendidikan, kewirausahaan, kesehatan, dan lingkungan. Namun, secara garis besar, Astra dan kampung Sonraen berfokus pada pilar pendidikan tanpa mengesampingkan tiga pilar lainnya.

Untuk mendukung fasilitas pendidikan yang ada di kampung Sonraen, Astra hadir dengan YPA atau Yayasan Pendidikan Astra. YPA ini memberikan dukungan dan fasilitas penuh bagi lembaga pendidikan di kampung Sonraen agar bisa meningkatkan kualitas dan memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak di kampung ini.

YPA memberikan dukungan dengan cara memberikan fasilitas fisik yang memadai. YPA melakukan pembangunan lokasi belajar untuk anak-anak di kampung Sonraen. Tak hanya itu, YPA juga memberikan dukungan lewat adanya pembekalan atau pembinaan untuk guru-guru sehingga kualitas mengajar mereka menjadi lebih meningkat dan memberikan pengaruh positif bagi para siswa.

Astra memfasilitasi para pengajar sekolah dan siswa sekolah Sonraen untuk melakukan studi banding ke sekolah-sekolah di Jakarta. Semoga dengan adanya semua fasilitas dan kemudahan, generasi muda di Sonraen bisa berkembang menjadi sosok yang cerdas dan berguna bagi negara.

Pilar Lainnya di Kampung Sonraen

Sebagai bagian dari program KBA, kampung Sonraen tidak hanya memikirkan aspek pendidikan semata. Meskipun memang benar fokus mereka terletak pada pendidikan namun tiga pilar lainnya juga perlu diperhatikan. Untuk pilar kewirusahaan, Astra membantu memaksimalkan potensi para ibu-ibu warga kampung Sonraen untuk berkreasi melalui kain tenun hasil karya sendiri.

Dari segi lingkungan dan kesehatan, Astra dan masyarakat kampung Sonraen berusaha menghadirkan sebuah lingkungan hidup yang nyaman agar tubuh bisa selalu sehat. Bersama Astra, warga memiliki kesadaran penuh untuk menjaga kondisi lingkungan mereka dengan sebaik mungkin.

Kerja bakti membersihkan lingkungan kampung menjadi suatu hal yang wajib dilakukan. Jika bukan diri sendiri lalu siapa lagi yang membersihkan tempat tinggal kita? Karena itulah dibuat jadwal bersih-bersih bersama. Kini masyarakat sudah lebih terbiasa untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tidak akan sembarangan meletakkan sampah begitu saja.

Melalui program ini, Astra juga memberikan hewan ternak berupa sapi kepada warga. Tak cukup sampai di sana, Astra menghadirkan sumur yang bisa digunakan warga untuk melakukan irigasi. Singkatnya, Astra memberikan dukungan penuh agar sebuah kampung bisa berkembang sesuai dengan potensinya termasuk untuk kampung Sonraen ini.

No comments.

Leave a Reply