Tanda Gejala Demam Berdarah Dan Cara Mengobati

Gejala Demam Berdarah – Berikut ini kami hadirkan info kesehatan mengenai ciri tanda gejala demam berdarah DBD. Hingga tahun 2013 sekarang serangan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, DBD atau Demam Berdarah Dengue terus menghantui masyarakat Indonesia karena penyakit ini apabila menyerang anda atau anak anda yang terparah bisa menyebabkan kematian bagi pasiennya. Apabila terkena penyakit demam berdarah sering di tandai dengan demam tinggi walau semua demam tinggi bukan berarti pasti terkena DBD.

Demam Berdarah DBD

Demam Berdarah DBD

Menurut dr Budi Haryanto, Kasus yang sering terjadi di Indonesia adalah keterlambatan penanganan pasien demam berdarah hal ini disebabkan oleh masyarakat awam sering menganggap remeh demam. Setelah pasien dua sampai tiga hari bahkan ada yang satu minggu baru dibawa kerumah sakit.

“Banyak orang yang sudah tiga hari demam. Baru dibawa kerumah sakit. Ternyata trombositnya sudah turun dan sulit untuk ditangani. Hal ini sangat berbahaya,” kata dr Budi Haryanto.

Hal ini disampaikan dr Budi Haryanto dalam acara Forum Diskusi Multi-Stakeholder, di Ritz Carlton Hotel, Jl DR Ide Anak Agung Kav. E1 No 1, Mega Kuningan, Jakarta, dan ditulis pada Jumat (28/6/2013)

Dr Budi sangat memohon kepada masyarkat apabila ada kerabat,teman,tetangga atau keluarga terkena demam tinggi agar segera secepatnya membawa ke puskesmas, rumah sakit atau dokter terdekat untuk pertolongan pertama.

dr Budi menjelaskan untuk tanda tanda Gejala orang yang terkena demam berdarah ada empat yaitu:

  1. Mendadak panas tinggi (demam).
  2. Terjadi pendarahan dengan bintik-bintik merah pada kulit dan bila direnggangkan bintik merah tersebut akan hilang.
  3. Dapat terjadinya mimisan, muntah dan buang air besar bercampur darah.
  4. Meskipun parah, penderita tidak tampak gelisah, ujung tangan dan kaki tidak dingin.

“Ada pasien yang tidak muncul bintik merah, hal itu terjadi setelah beberapa hari kena DBD. Bintik merah itu adalah nadi kapiler yang pecah. Setelah beberapa hari demam, itu yang membuat orang terlambat menyadari bahwa dia terkena DBD. Akibatnya penanganan terlambat,” lanjutnya.

Untuk meminimalisir agar penyakit yang di tularkan nyamuk Aiedes Aigypti, sediakanlah waktu 30 menit dalam seminggu untuk bersih bersih di rumah dan mengecek apakah ada jentik nyamuk di sekitar rumah dan apabila segera musnahkan..

“Fogging itu kan untuk membunuh nyamuk-nyamuk dewasa yang membawa virus. Jentik tidak membawa virus. Tapi untuk mengurangi jumlahnya. Jentik ini juga harus dihentikan, agar tidak jadi dewasa,” tutur dr Budi.

Semoga anda, kita semua terhindar dari serangan Demam Berdarah.

No comments.

Leave a Reply