Tips Memilih Charger Wireless Terbaik

Banyaknya smartphone terkini yang sudah dilengkapi dengan teknologi charger wireless membuat banyak orang yang tertarik untuk membeli charger nirkabel tersebut. Cara penggunaannya yang praktis hanya dengan meletakkan ponsel diatasnya. Ada banyak produk wireless charger yang tersedia di pasaran dengan kualitas dan harga yang berbeda. Hal ini tentunya akan membuat anda bingung untuk memilih produk wireless charger terbaik.

Wireless Charger

Cara Memilih Charger Wireless

Bagi anda yang hendak membeli wireless charger, berikut akan kami jelaskan mengenai tips memilih wireless charger terbaik agar anda tidak menyesal di kemudian hari.

Pilih Model yang Sesuai dengan Kebutuhan

Perangkat wireless charging memiliki banyak model yang bisa anda pilih mulai dari model stand, model plate/pillow, ada yang harus ditancapkan dan ada juga yang menggunakan baterai portable seperti power bank.

Jangan bingung karena ada banyak pilihan, pastikan anda memilih produk wireless charging yang sesuai dengan kebutuhan anda.

QI Wireless Charger Terbaik

Pengisian daya nirkabel yang ada pada saat ini memiliki dua standar yakni standar QI dari Wireless Charge Union (WPC) dan airfuelalliance. Kedua jenis standar ini memiliki kinerja produk pengisian nirkabel, kompabilitas, keamanan dan parameter teknis yang sudah teruji secara ketat.

Namun, sejauh ini standar yang dimiliki oleh QI lebih baik dan lebih matang untuk digunakan karena secara umum kualitas produk yang disertifikasi oleh QI lebih dapat diandalkan.QI wireless charger memiliki kepraktisan dalam menggunakannya dan juga sistem QI lebih sangup memberikan daya yang optimal pada saat pengisian daya baterai.

Jumlah Kumparan/Coil yang Terpasang

Kumparan yang ada pada charger wireless merupakan hal terpenting yang harus anda perhatikan pada saat akan membelinya. Pastikan anda memilih wireless charger yang memilki lebih dari satu kumparan karena anda tidak harus terpaku pada satu posisi tertentu ketika anda melakukan pengisian daya. Selain itu, jangkauan yang dimilikinya juga sangat luas.

Biasanya produk dengan jumlah kumparan yang lebih dari satu ini memiliki ukuran yang lebih besar dan harganya juga cukup mahal.

Dilengkapi dengan Sistem Pemanas

Pada umumnya pengisian data menggunakan kabel akan menimbulkan panas pada baterai smartphone anda, begitu juga dengan wireless charger. Hal ini karena  wireless charger memiliki sistem induksi elektromagnetik yang akan menimbulkan panas.

Oleh karena itu, pastikan anda memilih produk charger nirkabel yang dilengkapi dengan sistem pengendali panas agar smartphone tetap dingin ketika dilakukan pengisian daya baterai. Pastikan anda memilih produk charger nirkabel yang dilengkapi dengan fitur yang bisa menghentikan pengisian daya baterai otomatis pada suhu tertentu.

Pertimbangkan Efisiensi dan Kecepatan

Pastikan anda memilih produk wireless charger yang memiliki efisiensi dan kecepatan yang tinggi. Biasanya semakin tinggi efisiensinya maka akan semakin cepat kecepatan pengisian daya baterai yang dilakukan.

Namun, dalam hal ini efiensi bukanlah faktor utama yang menentukan kecepatan pengisian daya baterai. Faktor lain yang berpengaruh adalah kinerja chip dan desain optimasi juga menyesuaikan kecepatan pengisian daya yang dilakukan. Untuk saat ini charger nirkabel QI memilki standar kecepatan lebih dari 60% – 80%.

Itulah beberapa tips memilih charger wireless terbaik yang bisa anda lakukan. Untuk saat ini beberapa wireless charger terbaik untuk smartphone yang bisa anda jadikan referensi pembelian adalah anker ultra slim, woodpuck bamboo QI, dan TYLT Vu car dock yang memiliki sistem daya dan harga yang berbeda-beda.

No comments.

Leave a Reply