Tips Memilih Helm Anak dengan Tepat untuk Meminimalisir Akibat Kecelakaan

Bukalapak Helm Anak

Di jalan raya pasti Anda sering melihat orang tua membawa anak-anaknya berpergian dengan menggunakan sepeda motor. Sayangnya, tidak jarang mereka melupakan faktor penting untuk keselamatan mereka dan buah hati yakni helm. Padahal perangkat seperti helm sangat penting untuk melindungi kepala anak dari benturan benda atau jatuhnya benda asing. Oleh sebab itu memilih helm anak yang tepat sangat diperlukan. Karena, keselamatan pengendara bukan milik orang dewasa saja, namun juga mereka yang masih kecil. Para pembonceng anak juga harus mengenakan helm untuk meminimalisir akibat kecelakaan.

Berdasarkan alasan di atas, banyak lembaga yang mensosialisasikan helm di kalangan anak-anak. tindakan yang preventive ini untuk membangun budaya yang tertib lalu lintas sejak dini, karena bukan hanya sebagai atribut, namun seluruh komponen helm harus diperhatikan agar keselamatan pengendara menjadi terjamin dengan baik. ada beberapa kriteria untuk memilih helm anak dengan baik. pertama, lensa. Helm anak harus dilengkapi dengan lensa. Pelengkap ini bisa melindungi bagian muka anak dari serangan benda asing contohnya seperti serangga dan debu. Untuk anak-anak, lebih baik memilihkan lensa berwarna gelap sehingga mereka tidak merasa silau ketika terkena sinar matahari.

Kedua, ukuran. Hal lain yang harus diperhatikan saat memilih helm anak ialah ukuran yang pas dan sesuai. helm seharusnya pas di kepala dan tidak terasa terlalu ketat atau longgar. Untuk mengukurnya, pakaikan helm di kepala anak setelah itu coba masukkan jari di sela telinga. Sebaiknya, terdapat celah kurang lebih 2 jari antar helm dan kepala, cara ini digunakan untuk memastikan jika helm tidak terlalu ketat di kepala anak. orang tua harus memastikan helm tidak terlalu longgar hal ini bisa dilakukan dengan mengencangkan tali di dagu dan gerakkan helm naik turun, bila bergerak dengan mudah atau bahkan terlepas, ini berarti helm yang dipilih terlalu longgar.

Ketiga, bagian luar. Untuk melakukan pemilihan bagian helm luar yang kuat, Anda bisa mengetuk cangkang helm dengan menggunakan jari tangan. Suara yang dihasilkan bisa menentukan kualitas helm tersebut. Suara yang tidak nyaring memperlihatkan jika cangkang helm kuat. Untuk semakin meyakinkan, pilih helm yang memiliki label SNI di bagian luar. Namun untuk anak-anak, lebih baik pilih bahan yang ringan sehingga anak akan merasa ringan mengenakannya.

Keempat, bagian dalam helm. Selain bagian luar, bagian dalam dari helm harus diperhatikan. Untuk kenyamanan lebih baik mempunyai cukup bantalan serta kain pelindung yang cukup lembut. Kain ini memiliki tujuan menyerap keringat anak ketika mengenakannya. Bagian dalam yang tebal berguna untuk meminimalisir kekuatan benturan sehingga tidak terjadi luka di kepala.

Terakhir, tali pengikat. Periksa tali pengikat pada helm. Hal ini untuk menghindari helm terjatuh ketika digunakan. Tali pengikat lebih baik bisa dipasang serta dilepaskan dengan mudah sehingga anak bisa menggunakannya sendiri. Dengan memilih helm yang tepat dan selalu menggunakannya sebelum berkendara, keselamatan buah hati menjadi lebih terjaga. Anda bisa memeriksa setiap komponen helm. Biasanya, hal yang sangat diperhatikan oleh orang tua saat membeli helm anak adalah harga. Namun, untuk sekarang ini lebih baik Anda tidak memikirkan masalah harga. Lebih baik pikirkan mengenai keselamatan buah hati Anda. selain itu biarkan ia memilih helm dengan motif dan warna yang ia sukai sehingga anak akan merasa senang mengenakannya. Pilih karakter kartun atau super hero yang ia suka.

No comments.

Leave a Reply