Tips Mengatasi Sindrom Baby Blues Ibu Baru Melahirkan

Kali ini kami hadirkan tips cara bagaimana mengatasi / mengobati sindrom Baby Blues yang merupakan depresi setelah persalinan tidak timbul perlahan dan mengenai anda secara tiba-tiba . Umumnya Baby Blues terjadi dalam 14 hari pertama setelah melahirkan, dan cenderung lebih buruk sekitar hari ke tiga atau empat setelah persalinan.

Baby Blue

Ilustrasi Baby Blue

Penyebab “Baby blue” bisa karena tubuh anda sedang mengadakan perubahan fisikal yang besar setelah anda melahirkan, hormon-hormon dalam tubuh juga akan mengalami perubahan besar dan anda baru saja melalui proses persalinan yang melelahkan. Semua ini akan mempengaruhi perasaan anda. Anda harus sabar dengan diri anda sendiri, mengerti bahwa semua perasaan ini adalah normal, dan dalam beberapa minggu segalanya akan terasa lebih baik untuk anda.

Cara Mengatasi Baby Blues

Menjadi seorang ibu hal yang atak mudah dijalani apalagi wanita yang tidak mempunyai pengalaman. memang wajar ibu muda sering kali mengalami yang namanya ‘baby blues’ atau dalam bahasa kedokterannya postnatal depression.

Tapi Anda tak usah terlalu khawatir dengan keadaan karena Beth Murphy dari yayasan kesehatan mental Mind, UK akan memberikan tips mengatasi postnatal depression atau baby blues yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi seorang wanita yang baru melahirkan. seperti kami kutip dari detikHealth, Jumat (5/7/2013) berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Tetap menjalin komunikasi seperti biasa terhadap teman-teman

Pada saat kita memiliki seorang anak mungkin para ibu sering kesulitan bertemu atau berkumpul bersama teman, tetapi usahakan lah untuk tetap menjalin komunikasi dan menjaga silaturahim walau kita telah mempunyai anak dan tetap menikmati hobi bersama teman teman seperti biasa.

2. Rajin Olahraga

Sering seringlah berolahrga misalnya seperti jalan-jalan di seputaran taman atau keliling komplek sekitar rumah atau ikut program fitnes.hal ini akan membantu anda menghilangkan baby blues. karena hormon hormon yang membuat kita bahagia akan muncul pada saat kita berolahraga.

3. Makan-makanan sehat dan secara teratur

Jika anda menyusui usahakan untuk makan makanan yang sehat dengan gizi yang seimbang. hal ini akan memacu agar si ibu muda dapat memperoleh vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oelh ibu yang menyusui. hal ini juga akan memicu hilangya baby blues.

4. Usahakan Jangan sampai kurang tidur
Mungkin memang sulit untuk bisa meluangkan waktu tidur meski mungkin cuma sejenak jika sudah memiliki anak. Tapi ingatlah bahwa depresi seringkali dikaitkan dengan kurangnya jam tidur.

5. Luangkanlah waktu untuk diri sendiri

Meluangkan waktu untuk diri sendiri adalah salah satu cara untuk menghilangkan baby blues. meluangkan waktu bisa apa saja seperti pergi ke salon kecantikan, berbelanja atau menikmati acara TV favorit intinya adalah memperhatikan kebutuhan Anda sendiri sebelum memperhatikan kebutuhan anak. hal ini bisa Anda lakukan pada saat bayi tidur atau si bayi lagi bersama ayahnya.

6. Kencan dengan Suami
Seketika si kecil lahir, maka seluruh perhatian tentu terpusatkan padanya. Wajar jika pasangan kerap kelelahan, kurang tidur atau pola tidur dan pola makan yang berantakan. Untuk itu, Anda dan si dia perlu meluangkan waktu untuk berduaan.

7. Berkumpul sesama ibu baru
Menghabiskan sejumlah waktu dengan orang tua lain dapat meningkatkan kembali mood Anda, misalnya bergabung dengan grup pendukung ibu baru atau aktif dalam aktivitas seperti yoga untuk bayi.

8. Kenali kondisi diri sendiri
Sekali merasakan peran sebagai ibu baru, para wanita cenderung mudah mengabaikan kondisinya sendiri. Jadi jika Anda merasa takut atau khawatir tak bisa menangani tanggung jawab itu, tak perlu ragu untuk meminta bantuan.

No comments.

Leave a Reply