Trik Orang Tua Mengajarkan Belajar Membaca Anak

Bagaimana Trik Cara Terbaik Belajar Membaca Anak – Sebagai seorang Ayah yang memiliki seorang anak yang memasuki usia sekolah TK, menemani anak belajar dan mengajarkan anak berlatih membaca dan memulis adalah sesuatu hal yang harus mulai dilakukan. Akan tetapi perlu diketahui oleh semua orang tua kalau setiap anak itu memiliki kemampuan yang berbeda jadi jangan paksakan belajar membaca anak terlalu berlebihan.

Belajar Membaca Anak

Kadang kala ada anak anak yang sudah mulai bisa membaca sejak dini di usia 4 tahun namun ada juga anak yang baru mulai bisa membaca di usianya yang menganjak 6 tahun. Jangan takut atau kaget karena hal tersebut adalah hal yang lumrah terjadi , seperti yang aku sebutkan di atas tadi tiap anak mempunyai kesiapan belajar dan membaca yang berbeda beda.

Sebenarnya saat anak kita sudah mulai memasuki masa sekolah taman kanak-kanak saekarang ini di TK sudah mulai memperkenalkan anak dengan kegiatan belajar membaca dan menulis. Namun selain belajar di sekolah seorang anak juga akan lebih baik jika juga belajar dari orang tuanya sendiri di rumah. Kedekatan emosional dengan orang tua saat belajar juga baik bagi perkembangan sang anak.

Pada kesempatan kali ini tercanggih.com ingin berbagi tips tips untuk anda para orang tua yang ingin memulai mengajarkan anak menulis dan membaca saat berada di rumah dengan cara yang baik dan menyenangkan untuk anda dan anak anda sehingga anak anda merasa senak dan tidak merasa dipaksa saat belajar.

Mulai Dengan Kosa Kata Mudah

Buatlah anak belajar membaca dari hal hal yang sederhana dan mudah terlebih dahulu misalnya mulai dengan anak belajar mengucapkan kata kata simpel yang biasanya sering ditemui seperti kata kata yang tertulis pada produk makanan dan juga ajarkan pada anak untuk mencoba mengeja huruf atau kata yang biasanya tertera pada dinding gedung, papan pengumuman dan hal hal lain yang biasa dia temui.

Belajar Sambil Bermain

Pada anak seusia 4 tahun atau lebih sebenarnya adalah masa masa anak sangat senang bermain jadi mungkin terkadang apabila kita ingin mengajak anak belajar menjadi hal yang sedikit sulit karena anak malas malasan untuk belajar. Oleh karena itu kita sebagai orang tua bisa memulainya dengan cara belajar dan bermain. Salah satu permainan yang cocok untuk proses belajar membaca anak ialah dengan bermain scramble sebuah permainan menyususn kata yang sudah populer di seluruh dunia ini . Pilihlah scrambel dengan warna atau desain yang bisa menarik minat anak.

Dengan bermain scramble bersama anak juga ternyata efektif untuk melatih kepintaran linguistik sang anak dan juga menambah jumlah kosa kata baru yang diketahui oleh anak tapi dengan cara yang lebih menyenangkan ketimbang belajar secara biasa tidak sambil bermain.

Kenalkan Anak Dengan Buku

Sejak dini coba kenalkan anak anda dengan buku dengan cara membaca buku bersama anak setiap hari disaat saat santai tanpa perlu menyediakan waktu khusus yang terikat. Misalnya disaat anak mau tidur membacakan cerita dari buku dongeng. Lalu taruh juga berbagai macam buku yang menarik di dalam ruangan rumah anda seperti di dekat rak mainannya , dekat tv dan dalam kamar anak. Sehingga secara tidak langsung anak akan terbiasa dengan adanya buku didekatnya dan lama kelamaan akan menarik minat baca untuk sang anak.

Setelah itu anda juga membiasakan anak selalu membawa buku saat berjalan dengannya sehingga saat berada di mobil, di tempat makan atau ditempat lainnya anak masih bisa membaca buku selagi waktu kosong ketimbang selalu bermain dengan gadgetnya.

No comments.

Leave a Reply